Andal Software Luncurkan Andal PayMaster 2014, Andal Linkage 2014, dan Andal Kiosk 2014

Jakarta, 9 September 2013 – Andal Software, perusahaan pembuat software hari ini meluncurkan tiga aplikasi untuk pengelolaan Payroll yaitu Andal Linkage 2014, Andal PayMaster 2014 dan Andal Kiosk 2014 yang akan membawa evolusi dalam proses penggajian di Indonesia.  Pembaruan dalam ketiga aplikasi tersebut akan mempercepat proses penggajian karyawan hingga 80% dan menekan waktu serta biaya operasional hingga 60%.

Andal Linkage 2014 merupakan aplikasi berbasis web yang memudahkan karyawan atau penyelia mengakses data pribadi, data kehadiran, pergantian jadwal kerja, lembur, izin, cuti, serta klaim karyawan. Dengan Andal Linkage 2014, perusahaan dapat menerapkan transparansi sistem kerja. Andal Linkage 2014 dirancang untuk membantu mempercepat pekerjaan, mengurangi penggunaan kertas dan dapat diakses dari smart phone maupun tablet.

Felex, HR Manager PT. Gunung Slamat mengatakan, “Setelah menggunakan Andal Linkage 2014, PT. Gunung Slamat dapat menghemat penggunaan kertas dan fax. Perubahaan digitalisasi ini memberikan kami hasil yang lebih akurat,” katanya.

Andal PayMaster 2014, aplikasi penggajian yang dirancang untuk mengoptimasi penggunaan komputer dengan memanfaatkan parallel processing. Sehingga Andal PayMaster 2014 mampu mendorong efisiensi proses penggajian hingga 80% lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

“Andal PayMaster 2014 sangat membantu proses kerja menjadi lebih cepat. Selain itu, Andal PayMaster 2014 membantu kami menciptakan standarisasi pelaksanaan sistem penggajian yang sangat berguna untuk ke depannya,” ujar David Tjahjaputra, General Manager TI PT. Metiska Farma, perusahaan farmasi nasional yang memiliki 30 distributor di Indonesia. Andal PayMaster 2014 juga telah digunakan di PT. Dewhirst Menswear Indonesia, perusahaan garmen di Bandung, telah menjadi pelanggan Andal Software sejak tahun 1998.

Drajat Kurniawan Petrus, IT Manager PT. Dewhirst Menswear Indonesia, menyatakan “Dahulu proses penggajian Dewhirts membutuhkan waktu 10 jam, namun dengan menggunakan multithreading yang ada pada Andal PayMaster 2014, kami dapat memproses gaji hanya dalam waktu 3 jam.”

Andal Kiosk 2014 dirancang untuk pengumpulan dan pengecekan data kehadiran karyawan yang terintegrasi langsung dengan Andal PayMaster 2014. Ketika karyawan melakukan pencatatan kehadiran (absensi), data tersebut akan langsung dianalisa oleh Andal PayMaster 2014. Sehingga bila ada perubahan jadwal kerja atau lembur  dan karyawan belum mengisi Surat Perintah Lembur, maka Andal Kiosk 2014 akan meminta konfirmasi secara otomatis pada karyawan yang melakukan presensi.

Metamorfosa Piranti Lunak Andal Software Selama 25 Tahun

Dua puluh lima tahun bergelut di industri piranti lunak payroll, Andal Software telah banyak melakukan evolusi terhadap produk yang ditawarkan. Adapun evolusi piranti lunak yang dilakukan Andal Software, antara lain:

  • Kharisma – Aplikasi perhitungan pajak yang berbasis DOS yang diluncurkan oleh Andal Software pada tahun 1999. Aplikasi ini dapat membantu menghitung tunjangan pajak karyawan yang rumit dan harus rekursif. Terlebih ketika pada tahun 1998, perhitungan tunjangan pajak ini menggunakan tabel, dan nilainya sering tidak tepat pada saat gaji ada di batas perpindahan persentasi tarif pajak.
  • Kharisma Win – Setelah dua tahun dipasaran, Andal Software kembali meluncurkan piranti lunak baru, Kharisma Win yang berbasis Windows pada bulan Januari 2001. Produk baru ini dirancang untuk memperbaiki perhitungan tunjangan pajak dengan menggunakan iterasi. Sehingga perhitungan tunjangan pajak lebih tepat.
  • Andal PayMaster 2004 – Implementasi Kharisma Win memakan waktu cukup lama, karena banyak melakukan penyesuaian. Sehingga Andal Software meluncurkan Andal PayMaster 2004 untuk penyederhanaan fungsi yang ada pada Kharisma Win, terutama fungsi perekrutan, penilaian dan pelatihan karyawan.

Pada tahun 2004 ini Andal Software juga mulai beralih dari aplikasi kastemisasi ke piranti lunak paket. Setelah 9 tahun berjalan, model bisnis ini berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan. “Menjual piranti lunak ke banyak pelanggan dengan versi yang berbeda akan mempersulit teknisi saat implementasi. Sehingga kualitas teknisi ke pelanggan akan menurun. Namun setelah menjual piranti lunak secara paket selama 9 tahun, saat ini kepuasan pelanggan terhadap Andal Software meningkat,” kata Indra Sosrodjojo, Direktur Andal Software.

  • Andal PayMaster 2009 – Mengetahui kesulitan pelanggan pada Andal PayMaster 2004 seperti : banyaknya jenis layar dan waktu yang lama untuk pelatihan proses penggajian, maka tahun 2006 Andal Software merancang ulang Andal PayMaster 2004. Pada bulan Oktober 2008,  Andal PayMaster 2009.
  • Andal PayMaster 2012 – Menyadari pentingnya user interface pada aplikasi, maka pada tahun 2010, Andal Software meluncurkan Andal PayMaster 2011, dengan perubahan user interface menjadi lebih mudah untuk mencari fungsi dan perintah.  Dan setahun kemudian yaitu pada tahun 2012, diluncurkan Andal PayMaster 2012 dengan mengubah fungsi yang ada pada Andal PayMaster 2011, agar lebih mudah digunakan dan lebih stabil lagi dalam melakukan perhitungan.

Kestabilan produk menjadi penting seperti dikatakan Soetjipto Budiman, Direktur Bright Consulting, perusahaan yang bergerak di bidang payroll outsourcing, “Ada dua faktor mengapa kami memilih Andal PayMaster. Yang pertama karena filosofi produk ini adalah bebas hambatan sehingga tidak terlalu tergantung  dengan vendor. Yang kedua adalah adanya tingkat fleksibilitas yang cukup  untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan  kami yang beragam. “

Andal PayMaster 2014, Andal Linkage 2014, dan Andal Kiosk 2014 merupakan evolusi piranti lunak lanjutan Andal Software. Andal Software optimis dengan penerapan Andal PayMaster 2014, Andal Linkage 2014, dan Andal Kiosk 2014 dalam satu perusahaan, bisnis proses perhitungan penggajian akan berkurang hingga 60% lebih cepat. Hal ini dipengaruhi oleh  jumlah karyawan, jumlah lembur dan jumlah penggantian shift yang ada. Semakin banyak jumlah tersebut maka semakin besar penghematan yang dapat dilakukan.