AMD Menggairahkan Pasar Notebook di Indonesia dengan Tiga Lini AMD Mobile APU 2013 untuk PC Mobile

Jakarta. — Sept 12, 2013 — AMD secara resmi meluncurkan tiga lini APU terbaru yang merupakan jajaran APU generasi ketiga untuk PC mobile hari ini di Indonesia, AMD Mobile APU 2013. Tiga lini AMD Mobile APU 2013 tersebut sudah dibenamkan ke dalam beragam perangkat mobile keluaran beberapa produsen komputer terbaik dunia yang sudah tersedia di pasar Indonesia tersebut yakni AMD APU Elite Mobility 2013, AMD APU Mainstream 2013, dan AMD APU Elite Performance. Ketiganya merupakan generasi APU paling mutakhir dari AMD sebagai solusi ideal bagi revolusi pasar PC yang tidak pernah berhenti. Yaitu dengan menghadirkan peningkatan performa dan efisiensi dayauntuk menghadirkan pengalaman unik bagi pengguna serta kualitas visual sebaik produk gaming maupun grafis desktop AMD.

 “Semakin hari tuntutan pengguna akan kinerja perangkat PC mobile semakin tinggi,” ujar Jenny Susanto, Country Manager AMD Indonesia. “Ini didorong perkembangan kompleksitas perangkat lunak, kebutuhan hiburan, serta mobilitas lintas batas. Untuk itu, AMD bersinergi dengan produsen komputer ternama dunia seperti Acer, HP, Lenovo, MSI, Samsung, dan Toshiba untuk menghadirkan perangkat mobile yang mengerti kebutuhan pengguna di Indonesia yang dipersenjatai prosesor unggulan APU mobile dari AMD yakni Temash, Kabini, dan Richland,” lanjutnya.

Seluruh produk APU dari AMD didesain untuk memberikan pengalaman kegiatan komputasi terbaik yang paling dibutuhkan pengguna saat ini. AMD diposisikan secara unik untuk melakukan hal ini karena luasnya pengalaman yang tak hanya mencakup arsitektur tradisional x86 yang sangat cocok untuk produktivitas seperti word processing dan spread sheet, tetapi juga pengolahan grafis untuk menyajikan user interface terbaru saat ini dan beban kerja grafis yang intensif. Sejak pertama kali diperkenalkan AMD pada tahun 2011, prosesor AMD APU telah diadopsi secara luas oleh beragam perangkat dan form factor mulai dari konsol game yang akan datang, sampai notebook, tablet, PC Desktop, low-power servers dan embedded devices. Selain itu, AMD APU Elite Mobility 2013 yang paling irit daya untuk tablet dan notebook hibrid juga telah meraih penghargaan Best Choice of COMPUTEX TAIPEI 2013 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

 “Dedikasi kami untuk komunitas software dan arsitektur APU membuat produk AMD APU istimewa, sehingga tiga lini AMD Mobile APU 2013 yang kami luncurkan hari ini mampu memberikan pengalaman terbaik pada tablet, perangkat hibrid, atau notebook,” ujar Jenny Susanto, Country Manager AMD Indonesia. “Kami berharap ketiga produk AMD Mobile APU 2013 terbaru ini bisa meningkatkan penetrasi AMD berkontribusi untuk turut menggairahkan iklim positif di pasar perangkat PC mobile di Indonesia,” tambahnya. 

Detail Platform AMD APU Mobile 2013

AMD APU Elite Mobility 2013

  • Quad-core x86 SoC APU pertama dengan fabrikasi 28nm. Sebagai bagian dari AMD APU A-Series, platform baru ini menyatukan platform CPU x86 “Jaguar” dengan Graphics Core Next AMD Radeon HD 8000 series dan tersedia dalam pilihan dual-core (A4) dan quad-core (A6).
  • AMD APU Elite Mobility 2013 memberikan pengalaman grafis terbaik di dunia dengan memungkinkan para pengguna notebook layar sentuh mini, tablet, dan tablet hibrid dengan ukuran layar 13-inci atau lebih kecil untuk menikmati konten multimedia dan game kelas atas dengan kualitas HD.
  • Dilengkapi dengan teknologi AMD Turbo Dock[i] yang secara otomatis meningkatkan kinerja AMD Accelerated Processing Unit (APU) ketika PC hibrid dipasangkan pada base unit/docking dan digunakan untuk tugas-tugas yang lebih kompleks misalnya kreasi konten. Disisi lain, dengan teknologi ini ketika berada pada mode tablet maka konsumsi daya menjadi lebih rendah yang membantu untuk menghemat pemakaian baterai, sehingga pengguna bisa lebih lama menonton video atau film serta browsing.
  • Kinerja CPU per watt 172 persen lebih baik dan kinerja grafis per watt 212 persen lebih baik untuk dibanding pendahulunya[ii] [iii], serta didukung daya tahan baterai hingga 12 jam.[iv]
  • Ketahanan baterai 45 persen lebih baikdan performa GPU hampir lima kali lipat lebih baik dibanding produk sejenis.[v] [vi]
  • Dukungan penuh layar sentuh hingga resolusi 1080p dan dukungan kompatibilitas untuk Microsoft Windows, termasuk “Windows Blue” 

AMD APU Mainstream 2013

  • SoC quad-core x86 pertama di kelasnya dengan grafis terbaik di kelasnya, mengantarkan keseimbangan antara fungsi dan harga untuk notebook entry-level dan layar sentuh mini.
  • Menggabungkan CPU x86 dual-core atau quad-core “Jaguar” dengan Graphics Core Next AMD Radeon HD 8000 series, menghadirkan performa visual mengagumkan dan daya tahan baterai tinggi.[vii]
  • APU Mainstream quad-core 2013, bagian dari keluarga AMD APU A-Series 2013 (A4 dan A6), adalah solusi CPU quad-core x86 pertama dan satu-satunya untuk notebook layar sentuh entry-level.
  • Versi dual-core adalah AMD APU E-Series yang tersedia dengan model E1 dan E2.
  • Kinerja visual per watt 132 persen lebih baik untuk, kinerja produktivitas per watt 127 persen lebih baik, dan efisiensi daya 25 persen lebih baik dari generasi sebelumnya,[viii] [ix] [x] dengan daya tahan baterai hingga 11 jam dalam kondisi idle.[xi]
  • Performa grafis 88 persen lebih baik, performa gaming 33 persen lebih baik, dan kompresi file 29 persen lebih cepat dibanding produk sejenis.[xii] [xiii] [xiv]

AMD APU Elite Performance 2013

  • Lini AMD APU A-Series mobile terbaik yang tersedia dengan model A8 dan A10 yang mampu mengantarkan grafis dan komputasi terbaik, termasuk performa  dan daya tahan baterai yang memuaskan, fitur yang inovatif, dan pusat hiburan. Semua ada dalam notebook ultrathin premium dengan harga yang bersahabat.
  • Kinerja produktivitas 12 persen lebih baik dan kinerja visual 20-40 persen lebih baik dibanding generasi sebelumnya,[xv] [xvi] serta 51 persen lebih hemat daya saat memutar video HD[xvii]dengan daya tahan baterai hingga 13 jam.[xviii]
  • Kinerja gaming sekitar 39-72 persen lebih baik ketika memainkan game-game terbaik saat ini.[xix]

Pengalaman Pengguna AMD APU Mobile 2013

Ketiga AMD APU terbaru yang diumumkan hari ini menawarkan pengalaman hiburan yang kaya dan terjangkau untuk keseharian pengguna melalui beragam fitur yang berkaitan dengan melihat dan berinteraksi dengan perangkat mobile dengan cara yang baru.

  • AMD Gesture Control[xx]– Mengendalikan fungsi dasar dengan sentuhan tangan.
  • AMD Face Login[xxi]– Fitur pengenalan wajah untuk menjamin keamanan pengguna.
  • AMD Screen Mirror[xxii]– Berbagi konten secara nirkabel dengan TV dan monitor yang mendukung.
  • AMD Radeon Graphics dengan dukungan DirectX 11.1 – Nikmati pengalaman menikmati foto, video, dan bermain game dengan tampilan tajam.
  • AMD Dock Port – Menggunakan hingga empat monitor dalam satu koneksi.
  • AMD AllDay Power – Daya tahan baterai yang tinggi untuk mengurangi ketergantungan pengguna pada charger.
  • AMD Start Now technology[xxiii]– Proses boot dan log-in yang cepat hanya dalam hitungan detik setelah mode hibernasi.
  • AMD Apps – one-stop resource yang semakin memudahkan akses pengguna ke lebih dari 500.000 aplikasi-aplikasi Android populer dengan memaksimalkan kemampuan komputasi dari APU. 

Spesifikasi Detail dan Ketersediaan AMD APU Elite A-Series 2013 di Indonesia

Mulai hari ini perangkat mobile keluaran produsen komputer ternama dunia yang dipersenjatai dengan tiga Lini AMD Mobile APU 2013 yakni AMD APU Elite Mobility 2013, AMD APU Mainstream 2013, dan AMD APU Elite Performance sudah bisa didapatkan di toko-toko komputer di Indonesia.