Tuning Guide: ASUS A88XM-A Motherboard

IMG_9325ss-500x333

Motherboard ASUS A88XM-A adalah motherboard AMD berchipset A88X yang memiliki harga cukup terjangkau dibandingkan versi high-end mereka, ROG Crossblade Ranger. Meski demikian, motherboard micro-ATX ini masih menawarkan beberapa fitur tuning pada BIOSnya, sehingga si pengguna dapat memanfaatkan kemampuan overclock-nya. Mari lihat mobo ini lebih dekat:

Menyandang soket FM2+, ASUS A88XM-A mendukung penggunaan prosesor AMD APU ‘Richland’, atau ‘Kaveri’. Mengingat banyak APU AMD seri ‘K’ yang menawarkan kemudahan overclocking (seperti A10-7850K, A8-6600K, X4 860K, dsb), tentunya menarik untuk melihat seberapa jauh opsi tuning yang ditawarkan oleh A88XM-A. Simak tuning guide berikut ini!

Ruang Lingkup Pengujian

Pada artikel kali ini, kami akan memaparkan pilihan-pilihan tuning/tweaking yang terdapat pada motherboard ASUS A88XM-A. Ruang lingkup bahasannya adalah:
1.BIOS: Melihat opsi BIOS apa saja yang tersedia, dan apa yang berguna bagi overclocking
2.Praktik OC : Kami mengaplikasikan setting oc singkat dan sederhana untuk melihat bagaimana proses melakukan OC dengan motherboard tersebut

Spesifikasi Testbed

Berikut ini spesifikasi sistem yang digunakan saat testing:
◦CPU: AMD A8-6600K ‘Richland’ APU
◦Motherboard: ASUS A88XM-A (chipset AMD A88X, soket FM2+)
◦RAM: Team DARK DDR3-2133CL10 2x4GB (berjalan pada SPD, DDR3-1600C11)
◦VGA: Integrated Radeon HD 8570D
◦SSD: Kingston HyperX 3K 240GB SSD
◦PSU: FSP Hexa 400W
◦CPU Cooler: Stock HSF

Setting Memori pada ASUS A88XM-A diakses dari ‘Memory Frequency’, disini Anda bisa langsung memilih frekuensi memori yang diinginkan. Perlu dicatat, karena keterbatasan memory controller dari beberapa APU, mode DDR3-2400 kadang sulit berjalan dengan stabil. Gunakan opsi DDR3-2400 hanya kalau Anda yakin akan kemampuan memory controller Anda, dan juga Anda menggunakan DDR3 yang mampu berjalan di kecepatan tinggi.
Dari setting APU Voltage, hanya ada 3(tiga) voltase penting yang perlu Anda ubah:
◦CPU Offset Voltage: Setting tegangan CPU
◦VDDNB Offset Voltage: Setting tegangan CPU-NB
◦DRAM Voltage: Setting Voltase RAM, ini BUKAN tipe offset, sehingga Anda perlu meng-input nilai voltase yang diinginkan

Anda juga bisa melihat ada angka di samping kanan ‘CPU Offset Voltage’ dan ‘VDDNB Offset Voltage’, ini adalah angka Voltase yang sedang aktif. Pastikan setelah Anda melakukan setting, selalu kembali ke BIOS untuk membaca nilai Voltase ini untuk memastikan Anda tidak kelebihan men-setting tegangan komponen.

Nilai yang kami sarankan pada CPU Offset dan VDDNB Offset adalah sekitar +0.1 hingga +0.15V. Pastikan nilai tegangan prosesor Anda ada di bawah 1.4V, dan tegangan NB ada di bawah 1.35V supaya regulator daya pada A88XM-A yang ada tidak terlalu terbebani.
Meski datang dengan tampilan sederhana, ASUS A88XM-A masih memberi opsi untuk melakukan berbagai macam tuning pada proesor AMD yang Anda pasangkan. Sayangnya, kami tidak menemukan pilihan untuk mengatur nilai frekuensi IGP secara independen, sehingga harus menggunakan BCLK. Jika Anda memiliki motherboard serupa dan ingin melakukan overclocking, pastikan Anda tidak menggunakan voltase terlampau besar supaya tidak terlalu membebani VRM pada motherboardnya. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan airflow yang baik pada bagian VRM ini untuk menjaga ketahanannya.***

sumber:jagatreview.com/jagatoc