AMD Graphics Overdrive Performa Ekstra Gratis bagi Radeon GPU

Jarang yang mengetahui bahwa driver GPU AMD, yang disebut AMD Catalyst, ternyata memiliki sebuah utility terintegrasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa GPU mereka, dengan gratis dan mudah!Anda yang gemar melakukan tuning hardware mungkin sudah memiliki tool overclocking favorit Anda sendiri, tapi tool yang kami sebutkan ini diintegrasikan ke dalam control panel driver oleh sang pembuatnya, dan dinamai: AMD Graphics Overdrive (atau kadang dikenal sebagai Catalyst Overdrive, atau CCC Overdrive). Software ini ada di dalam Catalyst Control Center (semacam’ control panel’ driver kartu grafis AMD) dan software ini menyediakan opsi untuk meningkatkan performa GPU dengan cara overclocking. Tentu saja, karena terintegrasi pada Driver, tool Graphics OverDrive ini hanya bisa digunakan oleh pengguna GPU AMD.

AMD_GraphicsOverDrive-500x305

Kami menggunakan dua buah kartu grafis untuk melakukan uji overclocking dengan AMD Graphics OverDrive, yakni AMD Radeon HD 6570 2GB DDR3, dan AMD Radeon R7 240 2GB DDR3. Kedua kartu grafis itu terpasang pada sistem sebagai berikut:

Processor: AMD APU A8-6600K
◦Motherboard: MSI A68HM-E33
◦RAM: Team 2x4GB DDR3-1600C11
◦VGA1: Digital Alliance Radeon HD 6570 2GB DDR3
◦VGA2: Digital Alliance Radeon R7 240 2GB DDR3
◦Storage: Kingston HyperX 120GB SSD
◦PSU: FSP Hexa 400W
◦OS: Windows 8.1 64-bit
◦Driver Version: AMD Catalyst 15.4 Beta

Dengan men-setting clockspeed lewat AMD Graphics Overdrive, performa VGA AMD Anda bisa ditingkatkan lebih jauh lagi. Dari contoh yang terlihat di atas, kedua VGA AMD yang kami pakai mendapat peningkatan performa lumayan, tepatnya sekitar 16% pada Radeon HD 6570D 2GB, dan 26% pada Radeon R7 240 2GB. Jadi, jika Anda para pemilik kartu grafis AMD merasa bahwa VGA Anda masih kurang performanya, Anda bisa sedikit bereksperimen dengan tool Graphics OverDrive yang diberikan AMD pada driver Catalyst.***

sumber: jagatreview/jagatoc.com