Triputra Agro Persada Meluncurkan Implementasi WCS Plantation berbasis SAP

Jakarta, 30 April 2012 – PT SAP Indonesia hari ini mengumumkan bahwa PT Triputra Agro Persada (TAP) sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia meluncurkan implementasi solusi WCS Plantation yang berbasis SAP. Solusi WCS Plantation merupakan solusi khusus bagi industri perkebunan yang merupakan pengembangan dari solusi inti SAP Enterprise Resources Planning (ERP) dengan penambahan WCS Vertical Solution. Gabungan dari kedua solusi ini memberikan keunggulan yang dapat mengintegrasikan seluruh sistem dalam proses bisnis perkebunan mulai dari site project hingga back office.

SAP ERP merupakan solusi yang mendukung fungsi proses bisnis dan efisiensi operasional perusahaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus bagi berbagai macam industri, sementara WCS Vertical Solution terdiri dari modul Estate Management yang digunakan untuk menangani kegiatan agronomi & perkebunan, serta modul Checkroll yang digunakan untuk mengakomodir penggajian dari Buruh Lepas Harian (BHL) yang ada di kebun.

“Kami menyambut baik keputusan Triputra Agro Persada untuk menggunakan solusi ini, dimana solusi inti SAP ERP merupakan sistem yang terintegrasi dalam mendukung proses bisnis perusahaan di beragam industri dan berbagai skala. SAP merupakan market leader dunia untuk solusi ERP. Dengan penerapan SAP ERP, Triputra melangkah maju menjadi perusahaan dengan proses bisnis  berstandard global” ujar Sugiharto Jakinsjah, Head of SME, SAP Indonesia.

Seiring dengan perkembangan bisnis TAP, perusahaan membutuhkan sebuah sistem baru yang lebih memadai untuk mendukung proses bisnis yang ada. Pihak manajemen memutuskan untuk memilih solusi bisnis yang sesuai untuk digunakan di TAP. Proses awal pemilihan dilakukan pada awal tahun 2011 dengan mengundang beberapa perusahaan yang mempunyai  keahlian di bidang perkebunan. Setelah melalui beberapa proses kualifikasi, akhirnya TAP  memutuskan untuk mengimplementasikan solusi SAP yang dibawa oleh Wilmar Consultancy Services (WCS). Sebagai mitra SAP, WCS berdedikasi tinggi untuk membantu implementasi SAP WCS Plantation dengan memberikan dan mengembangkan solusi SAP ERP secara tepat guna bagi industri perkebunan.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan kami sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. SAP WCS Plantation dibuat untuk memenuhi kebutuhan industri perkebunan yang merupakan pengembangan yang kami lakukan terhadap solusi inti SAP ERP dengan penambahan WCS Vertical Solution. Kami berharap solusi ini mampu mengakomodasi kebutuhan bisnis di TAP” ujar Gunawan Tandun Country Sales Manager WCS

Solusi SAP WCS Plantation akan digunakan untuk mendukung operasional kebun, mill maupun proses finansial dan pembelian baik di site maupun di kantor pusat. Dalam sistem ini akan diimplementasikan solusi SAP ERP ECC 6.0 dengan beberapa modul, diantaranya: Finance (FI), Controlling (CO), Material Management (MM), Sales & Distribution (SD), Production (PP); dan WCS Vertical Solution yang meliputi modul Estate Management & Checkroll. Jika proses implementasi ini berjalan lancar, diharapkan akan dapat Go Live pada kuartal ke-4 tahun 2012.

“Dengan implementasi sistem baru, kami berharap berharap proses kerja di TAP menjadi lebih efektif dan efisien. Pelaporan dari beberapa pihak juga diharapkan menjadi lebih mudah dan akurat. Dengan demikian sistem ini akan dapat menjadi sebuah pondasi yang kuat dalam mendukung perkembangan bisnis TAP di masa mendatang,” ujar Erida Gunawan selaku Chief Financial Officer (CFO) Triputra Group.