Review HP 14-G008AU

Saat ini, kita sudah bisa menemukan berbagai jenis notebook yang menggunakan APU dari AMD. Prosesor jenis ini sendiri cukup dikenal oleh masyarakat dikarenakan kemampuan IGP (pengolah grafis terintegrasi) yang cukup tinggi. Oleh karena itu, APU seringkali dijadikan pilihan saat seseorang mencari laptopm multimedia yang memiliki harga terjangkau.
HP-14-G008AU-A8_5-500x359

HP, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, turut merilis beberapa laptop yang menggunakan APU AMD. Salah satu yang terbaru adalah HP 14-G008AU dengan APU A8 6410. HP 14 sendiri merupakan keluarga notebook yang ditujukan untuk user yang membutuhkan notebook dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Di sini, HP menggunakan APU A8 6410 yang memiliki 4 core dan 4 thread. APU ini memiliki kecepatan 2 GHz dan dapat menjadi 2.4GHz saat menghadapi workload yang berat. Dengan spesifikasi tersebut, APU ini memiliki kemampuan yang cukup bagus. Ditambah dengan TDP yang hanya sebesar 15W, APU ini tidak akan memakan daya yang besar.

HP 14-G102AU adalah sebuah notebook berukuran 14” dengan desain ringkas dan sederhana. Warna hitam dengan efek gloss mendominasi keseluruhan bodi notebook ini, baik di bagian luar maupun dalamnya. HP menggunakan plastik sebagai bahan utamanya, di mana bahan yang digunakan memiliki kualitas yang cukup bagus. Hal ini membuat HP 14 memiliki daya tahan yang cukup kuat.

Warna hitam, meskipun terlihat sangat sederhana, tetapi mampu menambah nilai estetika notebook ini secara keseluruhan. Namun, karena permukaan glossy tersebut, sidik jari kita akan cukup mudah menempel di permukaannya.

Pada bagian penutup belakang layar, dapat dilihat penggunaan plastik berwarna hitam gloss dengan logo HP di atasnya. Tidak banyak orname atau hiasan untuk bagian ini karena HP sendiri lebih mengutamakan penampilan yang sederhana. Namun, efek warna glossy membuat notebook ini memiliki nilai estetika tersendiri.

Pada bagian samping kiri & kanan, terdapat port yang dapat kita digunakan. Untuk menghubungkan notebook ini ke external display, terdapat D-Sub dan juga HDMI. Terdapat juga USB 3.0 bagi yang membutuhkan transfer data cepat. Untuk terkoneksi ke Internet, kita bisa menggunakan Wi-Fi atau Ethernet Port yang berada di bagian kiri.

Seperti bagian lainnya, daerah sekitar keyboard juga didominasi oleh warna hitam glossy. Keycap pada keyboard dipisahkan jarak yang cukup jauh sehingga tentunya akan memudahkan kita dalam menggunakannya. Hal ini juga dapat mengurangi kesalahan dalam pengetikan. Touchpad pada HP 14 memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga memudahkan kita. Namun, yang cukup disayangkan, penggunaan bahan plastik di touchpad membuat kita terasa lengket saat menggunakannya dalam waktu lama.

Secara keseluruhan, HP 14-G008AU adalah sebuah notebook dengan kemampuan yang cukup tinggi, mengingat target pasarnya yang mengincar user biasa saja. Notebook ini menggunakan plastik dengan warna hitam glossy sebagai bahan utama untuk seluruh bodinya. Bahan plastik yang digunakan memiliki kualitas yang cukup bagus sehingga daya tahan HP 14 cukup kuat. Dengan ukuran 345 x 244 x 25.3 mm, dan berat 2 kg, HP 14 cukup mudah untuk dibawa dan tidak memakan ruang yang banyak saat membawanya.

Dari spesifikasi sendiri, HP menggunakan APU A8 6410 dengan empat core yang berjalan di kecepatan 2 GHz dan dapat menjadi 2.4GHz saat menghadapi workload besar. Kemampuan dari APU ini sendiri cukup tinggi dimana terlihat di beberapa benchmark mampu mengalahkan saudaranya, yaitu A4 5000. Hal ini wajar mengingat kecepatan yang dimiliki oleh A8 sendiri jauh lebih tinggi.

Namun, yang cukup disayangkan adalah kapasitas memori yang hanya 2GB saja. Kapasitas tersebut terhitung sangat kecil mengingat saat ini kebanyakan user sudah mulai menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan sehingga tentunya membutuhkan memori yang cukup besar.

Untuk bagian grafis, HP mempercayakannya kepada IGP dari A8 sendiri yaitu Radeon R5. Hasil tes kami menunjukkan bahwa kemampuan dari IGP ini sendiri cukup tinggi apabila dibandingkan dengan IGP APU lain. Namun, cukup disayangkan performanya masih belum bisa mengejar kemampuan dari notebook yang menggunakan discrete graphics. Hal ini dikarenakan juga penggunaan memori yang hanya single channel sehingga membatasi kemampuan grafis notebook ini. Ada baiknya user yang berniat membeli HP 14 mulai berinvestasi juga untuk memberi memori dual channel dengan frekuensi yang cukup tinggi.

Untuk baterai sendiri, notebook ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari hasil tes dimana hanya dengan melakuklan charging selama kurang lebih 2 jam, notebook ini sudah bisa digunakan selama hampir 4 setengah jam.

Dari segi kelengkapan, HP 14 terhitung cukup lengkap dalam menyediakannya. Untuk transfer data terdapat 3 port USB dimana salah satunya adalah USB 3.0. Kalau kita ingin menghubungkan notebook ini ke external display, kita bisa menggunakan D-Sub atau HDMI. Terdapat juga Ethernet Port yang dapat digunakan untuk terhubung ke internet.

Bagi kalian yang sedang mencari sebuah notebook berukuran 14” dengan kemampuan yang lumayan, notebook ini dapat dijadikan pilihan.