Radeon R9 dengan Dual-Fiji Tertunda Hingga Q2 2016!

Radeon-R9-Fury-X2-500x304

Pada Juni lalu, tepatnya pada ajang E3, memarkan graphic card dual-Fiji yang diklaim akan menjadi graphic card tercepat di dunia. Rencananya, graphic card berkode nama Gemini ini masuk kepasaran di penghujung tahun ini. Sayangnya hal tersebut sepertinya tak akan terealisasi karena AMD menjadwalkan ulang kehadiran Fiji Gemini paling cepat pada kuartal kedua tahun 2016. Masalah ini telah dikonfirmasi oleh AMD pada sesi wawancaranya dengan Hardware.fr.

Terdengar pula rumor yang mengatakan bahwa penundaan ini mungkin terhenti atau tertunda karena kasus AMD dengan Asetek, di mana pembuat pendingin hybrid menuduh AMD melanggar paten mereka. AMD telah membantah klaim ini, meski bukan rahasia lagi bahwa graphic card dengan dual-Fiji ini akan datang dengan sistem water cooling, yang menjadi subjek klaim oleh Asetek. Lebih baik mengubah desain produk sekarang, daripada harus kembali menghadapi surat tuntutan serupa di masa mendatang.

Satu hal lagi, AMD tampaknya akan benar-benar menggunakan Gemini untuk graphic card dual-Fiji-nya, tapi dari apa yang kami ingat ini adalah kodenama Gemini umum digunakan untuk semua kartu dual-GPU dari AMD. AMD juga telah mengkonfirmasi bahwa beberapa mitra bisnis mereka telah memiliki sampel dan reaksi mereka positif, dan satu-satunya mitra yang kami telah pegang namanya adalah DICE.