Lebih dari 75 Aplikasi Android telah Didaftarkan dalam Kompetisi “Finding Top 50 Local Apps”

Jakarta, 16 Oktober 2014 – Kompetisi “Finding Top 50 Local Apps” yang diselenggarakan oleh Baidu, Inc., perusahaan teknologi asal Tiongkok, telah dibuka sejak tanggal 10 September 2014. Melalui kompetisi ini, Baidu mengundang para pengembang aplikasi dari Indonesia untuk mendaftarkan karya-karya mereka ke dalam MoboMarket (http://mobomarket.co.id), yakni toko aplikasi Android yang dikembangkan oleh Baidu.

Hingga awal Oktober 2014, MoboMarket mencatat lebih dari 75 aplikasi lokal telah didaftarkan dalam kompetisi ini. Aplikasi-aplikasi itu berasal dari para pengembang lokal yang berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) serta Bandung, Malang, Sidoarjo, dan Surabaya.

“Kami berharap lebih banyak lagi pengembang aplikasi dari kota-kota lainnya mendaftarkan karya mereka ke dalam ajang ‘Finding Top 50 Local Apps’. MoboMarket terbuka bagi berbagai jenis aplikasi Android, baik itu aplikasi hiburan dan game, aplikasi lifestyle dan kesehatan, aplikasi musik, video, dan berita, ataupun aplikasi fotografi,” ujar Edo Suryo Pamungkas, Product Manager of MoboMarket di Indonesia.

Baidu mencatat sekitar 300 juta distribusi aplikasi dilakukan di seluruh dunia melalui MoboMarket. Semua aplikasi tersebut aman karena telah dipindai sebelumnya menggunakan beberapa aplikasi kemanan komputer ternama dan berstandar internasional. Selain mengunggulkan proses pengunduhan aplikasi yang lebih cepat serta hasil pencarian aplikasi yang lebih relevan, MoboMarket juga menyediakan beragam fitur menarik, seperti fitur wallpaper serta pengaturan Bahasa Indonesia.

Baidu menyediakan hadiah total senilai 15.000 dollar AS atau sekitar Rp180 juta serta hadiah-hadiah menarik lainnya bagi para pemenang kompetisi ini. Dari seluruh aplikasi yang terkumpul, Baidu akan memilih 50 aplikasi terbaik yang masing-masing akan diganjar hadiah sebesar 300 dollar AS. Dari 50 aplikasi tersebut, Baidu akan kembali memilih 10 aplikasi terbaik untuk dipasarkan melalui MoboMarket dan ditampilkan dalam ajang Startup Asia Jakarta yang akan diadakan pada tanggal 26 dan 27 November 2014.

Untuk memperkenalkan MoboMarket dan mengundang para pengembang lokal agar mengikuti kompetisi ini, Baidu menggandeng Tech in Asia mengadakan roadshow “Finding Top 50 Local Apps” ke empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Dalam roadshow ini, tim dari MoboMarket juga membagikan beragam tips mengenai pengembangan aplikasi serta informasi terkait pasar aplikasi Android di Indonesia dan global. Hingga saat ini, MoboMarket sudah mengadakan roadshow di Jakarta (25 September 2014) dan Bandung (10 Oktober 2014).

“Kami senang karena di setiap kota tersebut, kami dapat bertemu langsung dengan para pengembang lokal, pelaku startup, dan para mahasiswa yang bersemangat. Kami juga berharap akan bertemu dengan banyak anak muda serta pengembang aplikasi lokal dalam roadshow di Yogyakarta (24 Oktober 2014) dan Surabaya (6 November 2014),” kata Edo.

Para pengembang aplikasi Android yang tertarik untuk mengikuti ajang “Finding Top 50 Local Apps” dapat membaca informasi lengkap dan mendaftarkan aplikasinya melalui http://id.techinasia.com/top50. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 15 November 2014, pukul 23.59 WIB. Baidu akan mengumumkan nama para pemenang kompetisi sebelum perhelatan Startup Asia Jakarta.