Kenyamanan Baru Bagi Peminat Game dan Grafis

Munculnya kartu grafis baru, Radeon R9 285 dari AMD langsung mendapat apresiasi dari PowerColor yang juga langsung menghadirkan R9 285 Turbo Duo yang mendukung DirectX 12, AMD TrueAudio dan resolusi 4K atau Project FreeSync. Untuk memory interface, mengaplikasikan 256-bit. Sedangkan 2 GB memory grafis membuat kartu grafis ini bisa menghasilkan gambar yang bagus dengan setting Full HD.

Seperti apa penampilan kartu grafis R9 285 Turbo Duo tersebut? Sesuai rilis yang diterima Tribun Jabar, Jumat (30/1), PowerColor memberikan dua kipas besar yang membuat kartu grafis ini bisa digunakan maksimal dan suara kipasnya nyaris tak terdengar alias silent. Perlunya kipas, karena panas yang keluar berkisar 70-75 derajat celsius.

VGA3

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kartu grafis yangmembutuhkan daya melalui 2×6 soket power harus menggunakan power supply yang memiliki kapasitas sedikitnya 500 watt. Sedangkan untuk koneksi ke monitor, PowerColor R9 285 menyediakan satu Display Port, HDMI, dan dua DVI.Dalam pengujian benchmark dan game, Radeon R9 285 ini ’’dikawinkan’’ dengan prosesor AMD FX 8350, RAM 8GB, SSD 128 GB.

Untuk benchmark 3Dmark, kartu grafis ini diuji dengan Sky Diver dan Fire Strike. Menurut Futuremark selaku pembuat software, Sky Diver cocok untuk mengukur kemampuan pada laptop yang dikhususkan untuk bermain game dan desktop PC menengah. Sedangkan Fire Strike ditujukan untuk desktop PC berspesifikasi tinggi. Pengujian keduanya menunjukkan hasil yang memuaskan. Detail pengujian Sky Diver mendapatkan skor 17086. Kombinasi tes mendapatkan angka rata-rata 56.8 FPS. Untuk bermain game, angka itu tergolong tinggi. Bisa dipastikan, game akan berjalan dengan lancar.

Begitu juga dengan pengujian Fire Strike. Skor yang dihasilkan menembus 6511, tidak terpaut jauh dengan rujukan desktop PC kelas atas yang dinilai 9131. Dalam pengujian ini, Radeon R9 285 konsisten bisa mengirimkan gambar di kisaran 30 – 38 fps. Angka itu juga membuat game nyaman dimainkan meski dengan parameter setting tinggi.
Bagaimana dengan klaim dukungan resolusi 4K?Label dukungan 4K bisa dikatakan tidak bohong. Game Fire Strike setting-an Ultra bisa berjalan meski fps yang dihasilkan sangat rendah. Tapi, itu tergantung dari jenis game yang dimainkan. Kalau gamenya ringan, tentu hasilnya berbeda.

Dengan melakukan setting pada resolusi 1920×1080, Power Color R9 285 Turbo Duo memberikan angka tinggi rata-rata 45 fps pada uji Furmark. Sedangkan pada Cinebench R15, untuk kemampuan video editing, nilai yang dihasilkan 79,78 fps.

Sementara untuk bermain games, PowerColor R9285 Turbo Duo, sangat menunjang dan memperhatikan agar peminat game merasa nyaman . Berikut ini hasil uji pada games-games yang sedang favorit saat ini:
1. FIFA 15. Tidak ada hambatan untuk memainkan game ini dengan setting tinggi. Dalam pengujian, game ini dijalankan dalam resolusi 1920×1080. Untuk MSAAOption, dipilih yang tertinggi yakni x4. Membuat game menjadi lebih berat tetapi mendapat konsekuensi grafis yang lebih baik. Untuk frame rate, sengaja memilih: no limit on fps. Hasilnya, dalam satu detik bisa 120 fps. Dengan angka setinggi itu, tentu menggocek bola semakin terlihat nyata dan menyenangkan.

2. Battlefield 4. Bermain online dan offline bisa sangat nyaman bahkan pada pilihan kualitas grafis Ultra. Hasil yang didapat bahkan rata-rata 55 fps. Pengiriman gambar cepat dalam keadaan “banyak musuh” dan grafis yang rumit.

3. Need For Speed: RIVALS. Game balap ini juga mengunci frame rate tertinggi di angka 30 fps. Radeon R9 285 mampu memberikan angka yang stabil untuk selalu meraih frame rate maksimal itu. Tidak peduli sedang beradu balap, dikejar banyak polisi, atau di tempat dengan grafis rumit. Mobil-mobil menjadi semakin nyata untuk dimainkan.

4. Tomb Raider. Para penggemar Lara Croft, tak perlu ragu memainkan petualangan ini dalam setting grafis Ultimate. Sebab, fps yang dihasilkan rata-rata 46,4 fps hingga 60 fps.

Dengan kemampuan mendekati R9290 dan harga yang ditawarkan di bawah R9 290, kartu grafis kemasan PowerColor R9285 Turbo Duo ini layak menjadi pilihan. Tidak panas, memiliki kemampuan yang handal serta hasil yang sangat bagus dan mampu menjalankan berbagai game dengan setting grafis tertinggi di resolusi 1920×1080. Plus, dukungan untuk layar 4K. ***
sumber: tribunnews.com