Kartu Grafis Profesional Terbaik AMD Hadirkan Pengalaman 4K Terbaik untuk Workstation Generasi Baru

SUNNYVALE, Calif. April 8, 2014 – AMD (NYSE: AMD) hari ini merilis kartu grafis professional AMD FirePro™ W9100 yang dirancang untuk perangkat workstation generasi terbaru yang mendukung resolusi 4K berbasis OpenCL™ (Open Computing Language). Dengan teknologi grafis terkini, yakni hingga 2,62 TFLOPS dan dukungan penggunaan lebih dari satu monitor dengan resolusi 4K, para desainer professional hingga insinyur bisa bekerja dengan tingkat detail yang lebih baik, lebih cepat, responsif, dan lebih kreatif.

Berkat penggunaan memori 16GB GDDR5 (pertama di dunia), pengguna workstation dapat bekerja multitasking secara efisien menggunakan hingga enam layar beresolusi 4K, mengolah data grafis dalam jumlah sangat besar dengan beragam efek visual secara langsung (real-time). Mengandalkan arsitektur terbaru AMD Graphics Core Next, AMD FirePro W9100 berikan performa super komputer dalam sebuah kartu grafis.

“Inilah waktunya dimana resolusi 4K sudah mulai banyak tersedia dan digunakan,” kata Matt Skynner, corporate vice president and general manager of AMD Graphics. “Kami menunggu kehadiran lebih banyak aplikasi yang membutuhkan kapasitas memori besar dalam memproduksi dan mengolah video 4K. AMD telah merilis sebuah produk dalam waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan, yakni kartu grafis profesional AMD FirePro W9100 yang dirancang untuk menangani kebutuhan perangkat workstation generasi terbaru. Sebagai kartu grafis profesional terbaik dari AMD, AMD FirePro W9100 hadirkan performa grafis sangat canggih, terbaik dalam industri melalui sebuah GPU dan menjadi satu-satunya kartu grafis yang dilengkapi dengan memori sebesar 16GB GDDR5, terbesar yang pernah ada. Dengan performa visual super, para pekerja profesional bisa mengerjakan proyek teknis maupun kreatif dalam resolusi ekstra tinggi, membantu mereka mengerjakan pekerjaan dengan detail terkecil sekalipun.”

 

“Para pelanggan kami akan mengetahui dengan cepat potensi yang dimiliki oleh kartu grafis AMD FirePro W9100, sebuah kartu grafis yang sangat bertenaga dan mengesankan untuk menerjakan proyek paling kompleks yang pernah ada,” kata Jeff Wood, vice president, Worldwide Product Management, Commercial Solutions Business Unit, HP. “Kami senang AMD telah mengesahkan FirePro W9100 ke dalam HP’s Tested and Certified partner program untuk perangkat workstation HP Z820 dan HP Z620 sekaligus sebagai solusi bagi para pelanggan kami.”

“AMD FirePro W9100 dengan dukungan OpenCL untuk DaVinci Resolve sangatlah penting bagi pelanggan kami untuk dapat memproses gambar beserta efeknya dengan sangat cepat,” kata Dan May, president, Blackmagic Design. “AMD FirePro W9100 adalah kartu grafis luar biasa dengan memori 16GB yang sangat mumpuni untuk mengerjakan beragam efek dalam resolusi Ultra HD. Kami sangat senang dengan hasil yang diberikan AMD FirePro W9100 beserta dukungan OpenCL di dalamnya bagi pelanggan DaVinci Resolve untuk bisa berkreasi tanpa batas.”

“Di Taylor James, kami harus mengerjakan adegan sangat kompleks yang otomatis akan menguji kemampuan hardware yang kami gunakan,” kata David Wortley, Technical Director, Taylor James. “Dalam lab pengujian, sebelumnya kami mengerjakan data paling berat dengan meniadakan tekstur dan pencahayaan agar proses pengerjaan dapat berjalan. Dengan AMD FirePro W9100, kami dapat memproses seluruh data beserta efek real-time shadows dan realistic materials dalam viewport menggunakan 3ds Max. Hal ini tak pernah terjadi sebelumnya. Sebagai tambahan, OpenCL dengan VRay RT hadirkan performa lebih efisien sehingga kami bisa mendapatkan performa seperti nyata menggunakan data CAD yang sangat besar.”

“Dell dan AMD percaya bisa membantu pekerja profesional dengan kekuatan dan performa yang mereka butuhkan untuk capai proyek yang dikerjakan melalui kolaborasi workstation Dell Precision dan kartu grafis profesional AMD,” kata Andy Rhodes, executive director, Dell Precision workstations. “Kami telah melihat adanya peningkatan performa dalam pekerjaan dengan reolusi tinggi yang mengandalkan OpenCL, jadi kami menawarkan AMD FirePro W9100, yang dirancang untuk hadirkan pengalaman 4K dalam workstation generasi baru di tahun ini. Dengan menggabungkan workstation Dell Precision dan kartu grafis AMD FirePro W9100 serta layar Dell UltraSharp 4K, pekerja kreatif dan juga para insinyur kini sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam resolusi 4K dan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang mereka inginkan.”

“Pengguna EnSight membutuhkan kartu grafis powerful untuk mengerjakan pekerjaan analisis mereka setiap harinya seperti visualisasi MRI untuk kesehatan,” kata Darin McKinnis, Vice President, Sales and Marketing, CEI. “CEI senang bisa melanjutkan kerjasama dengan AMD, kartu grafis AMD FirePro W9100 tak hanya berguna untuk pengujian validasi kami, namun juga hadirkan keuntungan melalui layar ekstra besar bagi pengguna EnSight.”

Untuk mengatasi peningkatan kebutuhan dalam produktivitas 4K, AMD FirePro Ultra Workstation telah dibuat berdasarkan masukan dari para pemimpin industri untuk hadirkan konfigurasi single-GPU dan multi-GPU berbasis AMD FirePro W9100. Perangkat Workstation yang mendukung antara lain: Armari Ltd., BOXX Technologies, Colfax, LumaForge, Mouse Computer, PSSC Labs, Scan Computers Ltd., SilverDraft, Supermicro, TAROX, Versatile Distribution Services, Workstation Specialists and Wortmann AG.

 

Kartu grafis AMD FirePro W9100 dilengkapi fitur:

  • Performa komputasi GPU double-precision 2.62 TFLOPS – AMD FirePro W9100 memiliki ½ rate double precision, untuk pertama kalinya hadirkan performa lebih dari 2TFLOPS double-precision dari sebuah GPU. Tak seperti kartu grafis lainnya yang tidak dioptimalkan untuk double precision, kartu grafis AMD FirePro W9100 menawarkan performa double-precision terbaik, menyelesaikan pekerjaan komputasi lebih cepat dari sebelumnya.  

 

  • Performa komputasi GPU single-precision 5.24 TFLOPS – Membantu mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses single-precision dalam Simulations, Post Production and Effects, Signal Processing, Video Transcoding dan Digital Rendering dimana seluruhnya membutuhkan performa tinggi untuk hasilkan akurasi.

 

  • Memori 16GB GDDR5 – Memungkinkan pengguna untuk bekerja secara cepat dan responsif dengan memori interface 512-bit dan bandwith 320 GB/s untuk mengolah video 4K dan menambahkan efek visual secara real-time.

 

  • Dukungan Multi-GPU – Gabungkan hingga empat kartu grafis AMD FirePro W9100 dalam sebuah desktop PC untuk mendongkrak performa dalam memproses lebih dari satu video 4K secara real-time.

 

  • Resolusi 4K – Dengan interface Mini DisplayPort 1.2 sebanyak enam buah, AMD FirePro W9100 bisa menampilkan gambar pada enam layar 4K sekaligus.

 

  • Dukungan OpenCL™ 2.0 – Pekerja profesional dapat memanfaatkan kekuatan komputasi paralel GPU modern dan CPU multicore untuk mempercepat tugas-tugas komputasi menggunakan beragam aplikasi CAD/CAM/CAE yang mendukung OpenCL.

 

Workstation  AMD FirePro Ultra dilengkapi:

  • Dukungan Multi-GPU berbasis AMD FirePro W9100
  • Mendukung aplikasi dengan OpenCL 2.0
  • Dukungan Multi-display 4K

 

AMD FirePro W9100 tersedia musim semi tahun ini melaui distribusi SAPPHIRE Technology, penyedia AMD FirePro Ultra Workstation, serta di dalam perangkat workstation HP Z820 dan HP Z620.

Cuplikan perkenalan AMD FirePro W9100 yang berlangsung pada tanggal 26 Maret lalu dapat diakses pada homepage: http://ir.amd.com hingga satu tahun ke depan.

AMD FirePro™ W9100 dipamerkan pada AMD exhibit booths di NAB 2014 (#SL10405) dan Hannover Messe (Hall 7, Stand E54).

 

Sumber Pendukung :

• Learn more about the upcoming “Steppe Eagle” and “Bald Eagle” product families

• Become a fan of AMD and Mentor Graphics on Facebook

• Follow @AMDEmbedded and @MentorEmbedded on Twitter

• Join AMD and Mentor Embedded on Google Plus