GPU Fiji Diperlihatkan Secara Eksklusif

Logo AMD
Selama dalam konferensi pers AMD yang diadakan pada Computex 2015 yang lalu, CEO AMD telah menunjukkan GPU andalan AMD yang akan datang yang diberi nama Fiji, yang masih menggunakan arsitektur 28nm. Banyak di antara kita yang mungkin juga telah melihat penampakan Radeon Fury X, namun bahkan dengan pendingin yang dilepas kita tidak dapat melihat PCB kartu grafis tersebut dengan detil.

Namun kami dapat mengkonfirmasikan bahwa Radeon Fury X seperti yang dinyatakan sebelumnya hadir dengan framebuffer sebesar 4GB, dan seperti yang kami katakan di atas bahwa GPU Fiji masih menggunakan arsitektur 28nm dengan ukuran die GPU kira-kira 52mm2 dan termasuk berukuran cukup besar. Anda secara fisik dapat melihat empat tumpukan HBM (stacked) memori.

Radeon Fury X tidak akan memiliki konektor DVI lagi, tapi pilihan jatuh pada 3x DisplayPort dan 1x HDMI 2.0. Kartu grafis ini tampaknya memiliki enam fase daya dan akan memiliki dua konektor daya PCIe 8-pin. Jadi dapat disimpulkan bahwa kartu grafis ini mungkin akan memiliki TDP sampai 375 watt. Yang merupakan indikasi untuk konsumsi daya dari dua konektor daya yang ada.

Kartu grafis Fiji sendiri akan menjadi kecil dalam ukuran dan mendapatkan solusi berbasis liquid cooling. AMD saat ini tampaknya akan berjuang dengan kinerja sepertinya mereka bertujuan untuk menjadi sedikit lebih cepat daripada GTX 980 Ti. Biaya pengembangan untuk GPU ini tinggi dan tampaknya performanya akan serupa GeForce GTX 980 Ti, beberapa mitra menunjukkan bahwa kinerja sebenarnya bahkan mungkin sedikit lebih rendah. Nampaknya AMD sedang mencoba mengupayakan untuk memaksimalkan driver untuk melihat apakah kecepatan GPU dan memori yang sedikit ditingkatkan dapat membantu mendongkrak performanya.

amd_radeon_fiji

Satu hal lagi, jika GPU ini sudah membutuhkan liquid cooling, maka itu adalah indikasi dari produk yang berjalan cukup panas. Jadi kami tidak yakin berapa banyak kelonggaran yang tersisa untuk AMD. Tentu saja, kinerja GeForce GTX 980 Ti sudah cukup bagus, sehingga menyamai atau berada sedikit di bawah performa andalan NVIDIA tersebut tidak terlalu masalah asalkan Fury X dipasarkan dengan harga yang lebih murah.

Untuk penamaan produk terbarunya ini sendiri AMD belum banyak bicara, tetapi kartu grafis yang menggunakan GPU Fiji tersebut dikabarkan akan menggunakan nama Radeon Fury X dan akan diumumkan pada gelaran E3 yang akan diadakan pada tanggal 16 hingga 18 Juni mendatang di Los Angeles Convention Center.***

sumber: indo-review.com