First Look Motherboard MSI 990FXA Gaming

Kali ini kami kedatangan sebuah motherboard yang cukup unik. MSI mengirimkan varian terbaru dari seri motherboard gaming. Motherboard ini mengusung chipset kelas enthusiast dari AMD, yaitu 990FX. Yang membuat produk ini cukup unik adalah ini adalah motherboard AMD pertama yang mengusung teknologi USB 3.1. Penasaran seperti apakah motherboard terbaru MSI ini? Simak first look dari MSI 990FXA Gaming hanya di jagatreview.com
MSI_990FA_Gaming_03-500x273

Bagi pencinta motherboard MSI pasti kenal sekali dengan lambang naga merah yang sudah menjadi ciri khas seri gaming. Lengkap dengan label baru yang menyatakan bahwa motherboard ini sudah mengusung standard baru dari USB 3.1. Ini menjadikannya motherboard pertama AMD yang menggunakan standard baru I/O tersebut.MSI_990FA_Gaming_03 Disandingkan kemasan disamping motherboard terlihat kesamaan tema. Motherboard mengusung tema hitam merah yang senada dengan kemasannya. Faktor estetis ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar seri gaming.

Perlengkapan yang menyertai motherboard terbilang cukup lengkap. Mulai yang bersifat fungsional seperti kabel sata, I/O backplate cover, SLI bridge dan label kabel sata hingga yang bersifat kosmetik seperti door hanger dan sticker. Selain itu motherboard ini juga menyertakan dokumentasi yang cukup lengkap dalam bentuk manual book dan quick install guide.

Motherboardnya sendiri terlihat menggunakan design yang telah terbukti dan terpercaya. MSI menggunakan formula yang cukup sukses dengan seri chipset AMD 970 dan mengaplikasikannya pada motherboard AMD 990FX. Sekilas kedua board tersebut memang terlihat identikal. Don’t fix something that isn’t broken…right? MSI_990FA_Gaming_08 Slot PCI Express yang disediakan oleh motherboard ini terbilang cukup banyak. Dengan tiga buah slot PCI-E 16x, dua buah PCI-E 1x dan sebuah slot PCI Legacy, membuat motherboard ini cukup untuk memenuhi kebutuhan rata-rata pengguna awam. MSI_990FA_Gaming_09 Header yang disematkan pada board ini terbilang cukup lengkap. Dengan beberapa header usb 2.0 dan tentunya usb 3.0 membuat produk ini mampu memenuhi kebutuhan I/O internal pengguna. Tentunya ini cukup penting mengingat device yang mengunakan konektivitas tersebut memang cukup banyak dan popular di masyarakat.

Pendingin yang digunakan untuk memastikan board ini bekerja dalam kondisi optimal meliputi pendingin bagi chipset 990FX, southbridge SB 950 dan VRM yang terletak diarea sekitar socket prosesor. Ketiganya menggunakan heatsink yang digabungkan dengan heatpipe untuk meredam panas yang dihasilkan motherboard ini. Tanpa pendingin yang baik tentunya resiko kestabilan jadi meningkat. Itulah sebabnya MSI memutuskan menggunakan pendingin yang cukup baik pada motherboard ini.MSI_990FA_Gaming_14 Bagian I/O dari motherboard ini merupakan salah satu fitur dari produk ini. Dilengkapi dengan delapan buah USB 2.0, sebuah socket PS/2, Ethernet Port dan Audio Port membuat motherboard ini cukup lengkap. Akan tetapi yang membuat produk ini unik adalah port USB 3.1 sebanyak dua buah.

USB 3.1 dalam platform ini ditandai dengan slot berwarna merah. Motherboard ini adalah produk pertama yang mengawinkan USB 3.1 dengan platform AMD. Kombinasi ini diharapkan menjadi duo maut yang mampu memacu kinerja I/O yang sebelumnya terbatas pada USB 3.0 menjadi lebih cepat.

Fitur Audio Boost juga ditancapkan pada produk ini. Fitur ini memastikan Anda mendapatkan pengalaman yang memuaskan jika berkaitan dengan internal audio motheboard ini. Sudah saatnya sound internal motherboard yang tadinya dipandang sebelah mata, mengumbar performa aslinya yang cukup luar biasa.

Board ini mengusung enam buah slot SATA. Kesemuanya mengusung standard SATA III yang dikendalikan oleh SB 950 dari AMD. Kinerja dari media penyimpanan permanen seperti harddisk atau SSD akan berjalan dengan kecepatan maksimal di platform ini.

MSI sepertinya telah mempersiapkan motherboard ini kegiatan overclocking. Terlihat dengan disediakannya switch slow mode. Switch ini adalah salah satu fitur utama yang selalu diinginkan para overclocker.

Secara keseluruhan produk ini terlihat cukup menarik. Inisiatif MSI yang menyematkan fitur USB 3.1 pada platform AMD merupakan langkah yang luar biasa. Dengan dukungan ini tentunya para penggemar AMD yang ingin mencicipi fitur USB 3.1 akan terpuaskan dahaganya. Sekali lagi MSI terbukti sebagai salah satu produsen motherboard yang inovatif dan selalu terdepan.***

sumber:jagatreview.com