AMD Luncurkan Prosesor Hemat Daya Carrizo

Logo AMD
AMD resmi meluncurkan seri prosesor terbarunya, Carrizo, di ajang Computex 2015. Chip Advanced Processing Unit (APU) yang menggabungkan CPU dan GPU dalam satu kemasan ini merupakan prosesor generasi ke-6 dari AMD yang dirancang untuk memberikan kinerja tinggi sambil tetap menghemat konsumsi daya baterai.

APU seri Carizo terdiri dari sejumlah model, antara lain A8-8600P dengan 10 compute cores (4 CPU + 6 GPU), base clock 1,6GHz dan boost clock 3GHz dan model A10-8700P dengan 10 compute cores (4 CPU + 6 GPU) base clock 1,8GHz dan boost clock 3,2GHz.

Satu model lagi adalah seri unggulannya, yaitu FX-8800P dengan 12 compute cores (4 CPU + 8 GPU), base clock 2,1GHz dan boost clock 3,4GHz. Masing-masing prosesor yang disebutkan memiliki konsumsi daya di rentang 15 watt hingga 35 watt.

“Ini adalah APU berkinerja tinggi pertama yang dirancang dalam desain System on Chip (SoC). Fokus kami adalah memberikan daya tahan baterai lebih lama namun tetap memiliki kinerja yang tinggi,” ujar Corporate Vice President and Product CTO of AMD Global Business Unit Joe Macri dalam AMD Tech Day, Computex 2015 di Taipei, Rabu (3/6/2015).

“Pada Kaveri kami butuh 35 watt untuk bisa menjalankan seluruh prosesor. Tapi pada Carrizo, kami hanya butuh 15 watt,” pungkasnya.

AMD
Presentasi model prosesor Carrizo di AMD Tech Day, Computex 2015
Carizzo mendukung standar kompresi High Efficiency Video Coding (HVEC). Fungsinya adalah membuat sebuah video beresolusi tinggi (misalnya 4K) bisa diputar dengan lebih mulus, namun tidak mengurangi kejernihan warna dan ketajaman gambar.

APU generasi ke-6 ini juga menggunakan teknologi heterogenous system architecture (HAS) 1.0 untuk meningkatkan efisiensi kinerja CPU dan GPU. Salah satu efek yang diharapkan adalah pengguna bisa menjalankan aplikasi dengan lebih cepat.

Dalam ajang tersebut, AMD juga mendemokan beberapa kemampuan yang dapat dirasakan pengguna. Misalnya ketika digunakan untuk bermain game, frame rate yang dihasilkan APU Carrizo bisa dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan prosesor dengan teknologi berbeda.

Contoh lainnya adalah kemampuan prosesor itu untuk memproses pencarian visual melalui aplikasi AMD Looking Glass. Aplikasi ini menunjukkan bahwa pengguna bisa memindai wajah seseorang dalam film dan mengindeks jumlah serta letak wajah tersebut.

Hal menarik Carizzo adalah AMD telah menyiapkan dukungan terhadap advance programming interface (API) DirectX 12 yang akan ada di Windows 10. API tersebut berfungsi menangani hal-hal terkait multimedia, terutama yang terkait dengan game.***

sumber: tekno.kompas.com