AMD Umumkan XConnect untuk Graphics Card Eksternal

8154-radeon-r9-xdock-xconnect

Sejak awal bulan Maret ini, kabar bahwa AMD tengah menyiapkan standar untuk graphics card eksternal telah beredar. AMD ternyata memang tengah menyiapkan standar tersebut bersama dengan rekan-rekan mereka. Standar tersebut resmi diumumkan dengan nama XConnect dan dukungannya telah tersedia di versi terbaru driver AMD, Radeon Software Crimson Edition 16.3.

XConnect ini memungkinkan produsen laptop untuk menghubungkan produk mereka ke docking atau enclosure untuk graphics card eksternal dengan graphics card berbasis GPU Radeon. Koneksi antara docking/enclosure dengan laptop akan menggunakan Thunderbolt 3. Nantinya, docking/enclosure dapat dilepas-pasang dengan mudah, plug-and-play, oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan penggunaan laptop mereka.

Sebagai tahap awal dari penerapan teknologi XConnect ini, AMD menyebutkan bahwa produk laptop baru dari Razer, Blade Stealth, telah mendukung teknologi ini. Laptop ultrathin tersebut bisa dihubungkan ke enclosure Razer Core yang menggunakan graphics card Radeon dari AMD melalui port Thunderbolt 3. Satu hal yang menarik, hasil proses dari graphics card eksternal ini disebut bisa ditampilkan langsung ke layar laptop ataupun ke display eksternal.

Saat ini, hanya beberapa graphics card yang disebut sudah bisa digunakan untuk XConnect ini, antara lain R9 Fury, R9 Nano, R9 300 Series, R9 290X, R9 290, dan R9 285. AMD menyebutkan bahwa mereka akan menambah jenis graphics card yang mendukung XConnect ini dalam waktu dekat. Sementara untuk XConnect, mereka akan terus mengembangkannya bersama partner-partner mereka, termasuk Razer dan Intel, yang menjadi pengembang Thunderbolt 3.0.