AMD Nyatakan Akan Kembali Hadirkan GPU untuk Gadget

amd-umumkan-jajaran-prosesor-termutakhir-1au6UCKpol

AMD, yang terkenal akan pengolah grafis untuk komputer, tampaknya akan kembali terjun ke dunia pengolah grafis untuk gadget. Ini diutarakan Raja Koduri, yang menjabat senior vice president dan chief architect dari AMD Radeon. Niat AMD ini memenag bukan tanpa alasan, saat ini pabrikan berlogo merah ini mempunyai teknologi GPU canggih yang disematkan didalam dimensi yang sangat kecil dimana desain seperti ini memang mengkomsumsi daya cukup rendah .

“Varian GPU AMD yang mengkomsumsi daya rendah mempunyai kemampuan memutar video dengan resolusi 4K, Di mana tentu saja teknologi ini dapat dijadikan sebagai otak GPU gadget saat ini, yang berkembang cepat,” ujar Jim McGregor yang mewakili sebuah lembaga research bernama Tirias Research. Sementara pihak AMD juga menjelaskan mereka hanya akan membuat GPU berdasarkan kerjasama partnership dan persetujuan lisensi saja, Selain itu, belum ada rencana atau keputusan lain untuk hal tersebut.

Pada tahun 2009, AMD menjual divisi grafis mobile mereka ke pihak Qualcomm, yang kemudian mengganti namanya menjadi Adreno. Chip grafis asal AMD tersebut saat ini menguasai pasar grafis untuk perangkat gadget, mengungguli pesaingnya, Power VR dan Mali. Tahun lalu, AMD sudah memproduksi 50 juta chip di mana di antaranya terdapat chip untuk console Playstation 4 dan Xbox One. Chip custom ini berperan besar pada pabrikan ini, yang memang tengah sedikit terpuruk di sektor penjualan prosesor.

Banyak pihak memprediksi bahwa keputusan yang akan terjun di GPU untuk gadget akan cukup sulit, “Grafis High End selalu bertolak belakang di perangkat mobile”, semboyan itu memang bisa dibuktikan karena rival mereka, NVIDIA, yang mencoba terlebih dahulu di segmen ini dengan Tegra-nya, terlihat kurang menuai sukses karena beberapa hal,

Bila AMD berhasil membuat terobosan baru dan ini terealisasi, bukan tidak mungkin AMD bisa mendulang pundi-pundi baru yang akan membuat pabrikan berwarna merah ini kembali ke puncak kejayaan grafis mobile, seperti layaknya Adreno.