AMD Umumkan SDK Terpadu Untuk Para Pengembang Komputasi Lintas Platform APU13 menghadirkan platform bagi para pengembang tools baru, serta menjadi tempat diumumkannya APU generasi baru bernama “Kaveri”

SUNNYVALE, Calif. — 12 November2013AMD (NYSE: AMD) hari ini secara resmi melangsungkan acara Developer Summit 2013 (APU13), yang sekaligus mengumumkan peluncuran Software Development Kit (SDK) baru, dengan penambahan berbagai fitur untuk perangkat hardware AMD. Tools ini akan memberikan langkah besar ke depannya dalam hal produktivitas dan kemudahan penggunaan untuk pengembang yang ingin memanfaatkan kekuatan penuh dari platform heterogen modern mulai dari server, PC, hingga perangkat mobile.

“Para pengembang platform menjadi bagian penting bagi kami dalam menghadirkan teknologi komputasi modern,” kata Manju Hegde, Corporate Vice President, Heterogeneous Solutions, AMD. “Memperkaya pengalaman para pengembang dengan memanfaatkan teknologi ini menjadi salah satu bagian penting dari misi AMD untuk meningkatkan jumlah pengembang.”

Untuk mencapai misi tersebut, AMD mengumumkan perbaikan melalui empat hal:

  • SDK terpadu, termasuk AMD APP SDK 2.9 yang menjadi SDK paling mudah digunakan untuk berbagai sistem komputasi saat ini. SDK ini membawa peningkatan fungsi dan produktivitas pengembang dengan penambahan beberapa kemampuan baru. Ini merupakan langkah pertama AMD untuk menyediakan kemudahan akses terhadap produk-produk AMD. Beberapa fitur yang menonjol seperti: contoh browser Web-based untuk kemudahan dalam menemukan sampel yang tepat dalam pengerjaan sebuah proyek; dukungan tambahan bagi CMake, perbaikan fungsi editing untuk OpenCL™ dengan plug-in untuk visual studio, dan penambahan beberapa sampel baru yang menunjukkan optimalisasi penggunaan library open source (OpenCV, Bolt) untuk mendapatkan akselerasi dengan sedikit usaha saja.
  • SDK terpadu yang juga mencakup Media SDK v1.0 rilis beta. Ini akan menjadi AMD Media SDK pertama untuk publik, yang memungkinkan pengembang untuk dapat memanfaatkan kemampuan multimedia AMD yang unik dan berbeda. Beberapa fitur kunci dari Media SDK adalah pemrosesan video (pre/post processing) dengan teknologi akselerasi GPU.
  • SDK terpadu yang juga mempromosikan optimalisasi akselerasi heterogen baru dalam beberapa library open source dengan tujuan untuk mempermudah pengembang dalam menjalankan aplikasi. Hal ini termasuk: OpenCV (library visi komputer paling populer) kini dengan penambahan fungsi OpenCL, clMath dengan library BLAS dan FFTdari Fortran, C dan C++, serta Bolt, library C++ untuk algoritma data paralel, sekarang dengan dukungan lintas system operasi serta peningkatan kinerja dan fungsi baru.
  • CodeXL tools suite terbaru (versi1.3) merupakan penawaran tools lengkap milik AMD bagi para pengembang yang kini sudah mendukung Java, bahasa pemrograman paling populer di dunia. Lebih lanjut, ini merupakan upaya AMD untuk memberikan tool suite terintegrasi yang  terbaik, AMD telah memasukkan kemampuan analisis kernel statis. Juga termasuk dalam rilis ini penambahan dukungan untuk remote debugging / profiling untuk mengaktifkan Server serta dukungan untuk produk GPU terbaru dari AMD berbasis GCN.

“AMD terus menciptakan alat pemrograman sempurna bagi para pengembang untuk OpenCL™ yang sudah menjadi standar baku dalam bahasa pemrograman,” kata Bill Richard, Vice President of Software Development at Winzip. “Tools-tools dari AMD menjadi bagian penting dari usaha kami dalam memberikan peningkatan performa kepada pelanggan kami.”

Peluncuran produk baru ini mencerminkan langkah maju AMD untuk mencapai tujuannya dalam mendukung solusi lintas platform (di OS dan vendor), beberapa bahasa pemrograman, dan kontribusi yang berkelanjutan untuk komunitas Open Source. Ini adalah bagian dari komitmen AMD untuk membuat komputasi heterogen menjadi familiar dan banyak digunakan.

AMD juga mengumumkan detail mengenai “Kaveri”, generasi ketiga APU yang akan dibawakan oleh Dr. Lisa Su, Senior Vice President and General Manager, Global Business Units, AMD di acara APU13 ini. “Kaveri” merupakan APU pertama dengan fitur HSA, teknologi AMD TrueAudio, serta AMD Mantle API yang dikombinasi untuk mengantarkan standar baru grafis, komputasi, serta efisiensi bagi desktop (FM2+), notebook, dan server.  FM2+ akan mulai dikapalkan di penghujung tahun 2013 dan dijadwalkan tersedia pada 14 Januari 2014. Informasi lebih lanjut akan diumumkan pada acara CES 2014.

Sebagai tambahan dalam perkenalan “Kaveri”, Dr. Su turut membahas kepemimpinan AMD dalam teknologi APU dan kemampuan komputasi lintas platform yang dimilikinya, serta membahas teknologi komputasi di masa mendatang. Dengan grafis, game, perangkat mobile, dan perangkat embedded AMD telah menjadi pusat konvergensi. Untuk terus mendukung ekosistem ini, Dr Su membuat komitmen untuk terus mendukung alat pemrograman dan platform seperti Heterogeneous System Architecture (HSA), Mantle, OpenCL, C++ AMP, dan Microsoft DirectX® yang menjadi bagian penting bagi para pengembang aplikasi dan game.

Sumber Pendukung: