AMD Terus Kembangkan Prosesor APU

Logo AMD
Ketatnya persaingan prosesor untuk komputer membuat perusahaan perangkat keras komputer terkemuka asal Amerika Serikat, AMD (Advanced Micro Devices) terus berinovasi. Perusahaan semikonduktor asal Sunnyvale, California itu akan merilis prosesor generasi kelima yakni, AMD APU Carrizo dan Carrizo-L pada tahun 2015 mendatang.

APU merupakan varian prosesor yang menggabungkan prosesor dan kartu grafis dalam satu komponen. Kartu grafis yang dibenamkan dalam APU itu memiliki banyak keistimewaan. APU Carrizo dan Carrizo-L merupakan produk terbaru buatan AMD yang melengkapi jajaran APU A-Series di antaranya A4, A6, 18, dan A10.

Indonesia pun menjadi pasar yang menjanjikan bagi AMD. “Kami telah meluncurkan beberapa produk terbaru untuk meramaikan bisnis prosessor di Indonesia,” tutur Consumer Business Lead, AMD APJ region, Peter Chamber di Slice of Heaven, Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (18/12).

APU Carrizo diciptakan guna memenuhi kebutuhan pengguna untuk bermain game dan aplikasi produktivitas hingga pengalaman menonton video konten HD 4K. Prosessor flagship Carrizo akan terintegrasi dengan x86 CPU baru bernama Excavator serta chip grafis generasi terbaru AMD Radeon dengan arsitektur Heterogeneous Systems Architecture (HSA) 1.0.

Sedangkan Carrizo-L terintegrasi dengan CPU Puma+ serta GPU Radeon R-Series dengan arsitektur GCN yang dirancang untuk kelas mainstream.

Sementara untuk meningkatkan keamanan, kedua produk APU terbaru ini dilengkapi dengan AMD Secure Processor yang terintegrasi ke dalam APU Carrizo. Dan Carrizo-L menghadirkan ARM TrustZone ke seluruh jajaran APU.

Selain hardware, AMD juga menyediakan beberapa software untuk Carrizo dan Carrizo-L seperti dukungan Microsoft DirectX 12, OpenCL 2.0, AMD Mantle API, AMD Freesync, dan dukungan sistem operasi terbaru Microsoft Windows 10.

AMD telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan komputer, hardware dan software untuk terus mengembangkan bisnis prosessor di Indonesia. Berdasarkan data grafik pada Oktober 2014 lalu, penjualan AMD A-series yang terintegerasi dengan perangkat komputer dan laptop sudah mencapai 54 persen dari total penjualan notebook dengan prosesor AMD APU yang beredar di pasar Indonesia.***

sumber : jpnn.com