AMD RTG Siapkan Spesifikasi Vulkan

amd

AMD Radeon Technologies Group (RTG) sangat gembira dengan segera diresmikan spesifikasi Vulkan 1.0 yang akan dirilis dalam waktu dekat oleh Khronos Group. AMD memulai perjalanan ini pada bulan Juni 2014 ketika AMD mengajukan proposal XGL berdasarkan project Mantle yang dikerjakan.

Setelah diterima oleh OpenGL Next working group, AMD membantu mengurusnya ke komite melalui perannya sebagai spec editors. Dengan transisi menuju ketersediaan secara publik spesifikasi Vulkan 1.0 API, AMD akan segera merilis versi beta dari software Vulkan API-enabled.

Driver baru ini, berkolaborasi dengan hardware grafis Radeon, memungkinkan pengembang game PC untuk menghilangkan bottlenecks (tidak optimal) dari faktor software dengan menawarkan solusi baru, dan mampu menghadirkan pengalaman saat bermain game dengan visual yang jauh lebih detail.

Sebagai pelengkap OpenGL, turunan dari AMD Mantle, dan sudah teruji oleh industri, Vulkan adalah API grafis low-overhead berkemampuan tinggi, memberikan pengembang kontrol software mendalam untuk memaksimalkan kinerja, efisiensi, dan kemampuan dari Radeon GPU dan multi-core CPU.

Dibandingkan dengan OpenGL, Vulkan secara substansial mengurangi overhead API, yang mana pekerjaan background dari GPU atau CPU harus menafsirkan apa yang game butuhkan dari hardware. Mengurangi overhead memberikan hardware lebih banyak waktu untuk menghadirkan fitur, kinerja, dan kualitas gambar yang lebih baik lagi.

Vulkan juga membuka fitur hardware GPU yang biasanya tidak dapat diakses melalui OpenGL, dan mendukung Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, Android, dan Linux. Dengan konsorsium perusahaan hardware dan software yang membentuk Khronos Group, AMD siap untuk memberikan teknologi rendering game terbaru dan termutakhir untuk jutaan pengguna dan banyak sistem operasi secara bersamaan, rilis dari spesifikasi Vulkan 1.0 adalah langkah besar ke depan untuk pengembang.

“Vulkan API yang berasal dari Mantle akan membawa manfaat kinerja API grafis dengan overhead rendah berperforma tinggi untuk kepentingan aplikasi cross-platform dan cross-vendor yang ditargetkan,”kata Senior Vice President and Chief Architect Radeon Technologies Group, AMD, Raja Koduri, Kamis (18/2/2016).

Ia menambahkan promosi teknologi terbuka dan scalable terus menjadi fokus di AMD, sebagai pelopor dalam segmen low-overhead API. Sebagai anggota dari Khronos Group, AMD bangga untuk berkolaborasi dengan para pemimpin industri hardware dan software untuk mengembangkan API Vulkan untuk menyalakan evolusi berikutnya dalam pengembangan game PC. (nos)