AMD Berambisi Membuat GPU Hemat Listrik Hingga 25x di Tahun 2020

 

 

Salah saPhoto 2 - AMD Eyefinity 6 monitortu produsen prosesor grafis ternama, AMD, menyatakan keseriusannya dalam membuat GPU (Graphic Processing Unit) dengan konsumsi daya listrik super rendah. Menurut TweakTown, AMD memang tengah berusaha memangkas konsumsi daya pada GPU-nya, dengan target pemangkasan konsumsi daya pada GPU sebesar 25x di tahun 2020.

Untuk mencapai tujuannya tersebut, rival Nvidia ini harus mengoptimisasi ulang GPU-nya hingga 70% serta melakukan riset terhadap teknologi baru yang memungkinkan agar daya pada GPU dapat didistribusikan secara lebih efisien. Selain harus berfokus pada efisiensi daya, AMD juga harus tetap fokus pada peningkatan performa. Untuk itu, AMD membentuk sebuah visi baru untuk jajaran produk GPU-nya, yaitu “memiliki performa tinggi namun tetap hemat daya”, dipadukan dengan “ringan, ringkas dan tidak bising”, serta “tidak merusak lingkungan.”

Sebelumnya, AMD juga dilaporkan telah behasil melakukan efisiensi daya pada prosesor terbarunya dan mereka juga telah berhasil meningkatkan performa
prosesor tersebut hingga 200% lebih kencang dari versi sebelumnya. Hal tersebut tentu membuat AMD sangat yakin bahwa mereka mampu melakukan
pemangkasan daya pada GPU hingga 25x di tahun 2020 mendatang. Dengan demikian dalam kurun waktu enam tahun ini, pasar pun diprediksi akan segera dibanjiri oleh GPU hemat daya dari AMD.
***

sumber:metrotvnews.com