AMD Bakal Pensiunkan Catalyst, Perkenalkan Radeon Software

Setelah melayani pengguna selama 13 tahun dan lebih dari 1 miliar download, AMD bakal mempensiunkan software driver Catalyst Control Center yang sudah sangat dikenal para pengguna kartu grafis AMD Radeon. AMD memperkenalkan software driver anyar sebagai penggantinya yakni Radeon Software yang hadir dengan tampilan dan desain baru. Produk pertama yang dihadirkan adalah Radeon Software: Crimson Edition.

Name-AMD-400x211

AMD mengklaim Radeon Software bukan sebuah driver biasa karena meliputi banyak komponen software di dalamnya termasuk antarmuka, libraries, tool, dan aplikasi. Software yang biasa disebut driver tersebut telah berkembang menjadi sistem operasi mini untuk kartu grafis.

AMD telah melakukan perombakan besar-besaran terhadap software driver AMD Catalyst Control Center (CCC) dan menggantinya dengan nama Radeon/FirePro Settings. Desain baru tersebut difokuskan pada pengalaman, bentuk, dan fungsi. Radeon/FirePro Settings kini disajikan dengan antarmuka modern yang sederhana dan bersih, intuitif, dan dibuka 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya. Fitur-fitur lainnya termasuk:
•Game Manager
•Preset Video Quality
•Setup Eyefinity yang lebih sederhana
•Tab notifikasi sistem
Radeon Software merupakan hasil karya pertama tim Radeon Technologies Group (RTG) yang baru dibentuk sekitar enam minggu lalu. Tim yang dipimpin oleh veteran industri grafis, Raja Koduri, diberi tugas untuk menghadirkan GPU baru, teknologi baru yang inovatif, dan software GPU kelas atas. Mengingat software merupakan cara utama para pengguna berinteraksi dengan produknya, maka AMD akan fokus menggarapnya.

Radeon Software: Crimson Edition akan tersedia untuk di-download sebelum tahun ini berakhir.