Uji Internal AMD Nyatakan Radeon R9 Nano Lebih Baik Daripada R9 290X

82WmlD2DV0AMD tengah getol menggelintirkan inovasi terbaru. Sebut saja Radeon R9 Fury dan Fury X, kartu grafis andalan AMD yang telah menggunakan teknologi high bandwidth memory (HBM). TeknologI tersebut membuat kecepatan baca dan tulis pada memori kedua kartu grafis tersebut menjadi jauh lebih cepat ketimbang memori yang digunakan di kartu grafis lainnya.

Selain itu, penggunaan HBM juga membuat papan sirkuit kartu grafis menjadi berkurang. Pengurangannya pun cukup ekstrem, yaitu 93 persen. Hal tersebut pula yang membuat AMD Fury dan Fury X berukuran lebih kecil daripada kartu grafis andalan AMD sebelumnya.

Berbekal keunggulan teknologi HBM tersebutlah, AMD juga merilis sebuah kartu grafis berukuran mini, AMD Radeon R9 Nano. Lantas bagaimana dengan performanya?

AMD Radeon R9 Nano merupakan salah satu kartu grafis kelas atas AMD yang dirancang untuk PC berukuran mini. Berdasarkan informasi TweakTown, kartu grafis mini tersebut memiliki performa yang lebih baik dengan kartu grafis andalan AMD sebelumnya, AMD Radeon R9 290X, namun dengan ukuran dan konsumsi daya yang jauh lebih kecil.

Menurut hasil pengujian internal AMD menggunakan Unigine Heaven Benchmark, Radeon R9 Nano berhasil memperoleh framerate 29 fps pada pengujian dengan resolusi 4K. Hal tersebut tentu tergolong sangat hebat mengingat ukuran dan konsumsi daya dari kartu grafis tersebut.

Sebagai informasi tambahan, menurut uji internal AMD kartu grafis Radeon R9 Nano memiliki performa 0.152 fps/watt, jauh lebih unggul ketimbang R9 290X yang hanya sebesar 0.076 fps/watt. Sementara itu, Radeon R9 Nano dikabarkan akan dirilis pada pertengahan bulan Agustus mendatang.
ABE