SAP Menghadirkan Solusi bagi Industri Pertambangan di Indonesia

Jakarta, 29 Februari 2012 – Untuk mendukung proses bisnis di era persaingan global, SAP sebagai penyedia solusi bisnis terlengkap dan menyeluruh menghadirkan solusi kunci bagi industri pertambangan di Indonesia. Solusi tersebut yakni SAP for Mining : Core ERP, IS-Mining, Enterprise Asset Management (EAM), Environment Health & Safety (EH&S), Human Capital Management (HCM), Dashboards, Business Planning & Consolidation (BPC).

Industri pertambangan merupakan salah satu industri yang memegang peranan penting bagi roda perekonomian di Indonesia, terlebih Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen timah, batubara dan tembaga terbesar di dunia. Selain itu, Indonesia juga merupakan Negara penghasil emas dan nikel yang cukup besar. Menurut data SAP, sekitar 200 perusahaan di Indonesia bergerak di industri pertambangan, dan 10 perusahaan pertambangan skala enterprise diantaranya telah menggunakan SAP.  Beberapa perusahaan pertambangan yang telah mengimplementasikan solusi SAP diantaranya adalah PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) & PT Timah (Persero) Tbk, ABM Investama, SinarMas Mining dan lain lain.

Seperti halnya industri-industri lainnya, industri pertambangan pun terus berkembang dari hari ke hari dan memiliki trennya sendiri. Untuk tahun 2012, trend yang berkembang di industri ini yakni seputar meningkatknya fokus terhadap keamanan lingkungan dan kepatuhan, produksi dan transportasi, merger dan akuisisi, serta kendala sulitnya merekrut dan mempertahankan karyawan di sebuah perusahaan pertambangan.

Nikhil Chaturvedi, Global Lead, Mining, SAP AG mengatakan “Untuk merespon berbagai tantangan tersebut, SAP menyediakan solusi lengkap untuk membantu perusahaan pertambangan dalam menjalankan bisnisnya dengan lebih baik lagi, dan memaksimalkan efisiensi perusahaan. SAP merupakan solusi yang telah diadaptasi dan dibuktikan, dimana perusahaan-perusahaan pertambangan terbaik di seluruh dunia telah menggunakan SAP. Kami memiliki ekosistem mitra yang luas & sangat terampil yang terus bekerja sama dengan perusahaan pertambangan untuk membuat solusi kami lebih realistis dalam  memenuhi semua persyaratan pertambangan dari awal sampai akhir / dari area tambang hingga pelabuhan “.

SAP menyediakan paket aplikasi lengkap yang terintegrasi dengan dukungan bisnis dan piranti lunak analytics yang memungkinkan perusahaan pertambangan untuk mengoptimalkan proses bisnis dari awal sampai akhir meliputi area: Perencanaan Bisnis, Pengelolaan Rantai Persediaan, Kontak ke Kas, Pengelolaan Operasional, Pemenuhan Operasional, Pengelolaan Aset Perusahaan, Pengelolaan Persediaan, Pengelolaan dan Dukungan Perusahaan

Singgih Wandojo, MD, SAP Indonesia menambahkan : “Pertambangan merupakan industri strategis bagi SAP dan kami terus melakukan investasi serta melatih mitra-mitra lokal di Industri ini.”

Studi Kasus

PT BUMA adalah salah satu perusahaan kontraktor jasa penambangan batubara terbesar di Indonesia yang telah mengimplementasikan SAP ERP SAP (Enterprise Resource Planning). Proses implementasi telah dimulai sejak April 2010 dan telah go-live pada 3 Januari 2011, dengan jumlah pengguna sebanyak 250 pengguna. SAP ERP merupakan solusi bisnis yang terintegrasi untuk organisasi dari beragam industri termasuk pertambangan, dan mendukung proses bisnis end-to-end yang dapat memberikan wawasan dan keunggulan operasional bagi perusahaan yang mengimplementasikannya. Sistem baru ini memungkinkan BUMA untuk memperoleh integrasi data, efisiensi proses bisnis, dan informasi secara real time.

Sementara itu, SAP SRM PPS. 7.0 telah Go Live di PT Timah (Persero) Tbk sejak 13 Juni 2011. Proses implementasi dilakukan selama 4, 5 bulan dengan melalui beberapa fase implementasi mulai dari project preparation, blue print, realisasi dan final preparation. Solusi SAP SRM di  PT Timah membantu mereka dalam mencapai KPI dari proses pengadaan yaitu harga yang lebih baik, kualitas yang meningkat, ketersediaan barang dan jasa serta pengiriman yang tepat waktu.  SRM mempermudah proses pengadaan karena dapat dilakukan dengan email. Hal ini membantu mempercepat proses pengadaan di PT Timah.