SAP Fokuskan Strategi Cloud Computing Di Indonesia

Jakarta, 4 September 2012 – SAP hari ini kembali menegaskan fokus bisnis strateginya di bidang Cloud Computing dimana SAP menawarkan solusi inovatif yang cepat, mudah dan memiliki TCO rendah. Hal ini antara lain dengan diakuisisinya SuccessFactor pada akhir tahun 2011 lalu yang menjadi puncak strategi SAP dibidang Cloud. SAP menargetkan untuk menjadi pemimpin dunia dibidang Cloud untuk membantu para pelanggannya dalam menangani aset penting mereka.

Singgih Wandojo, Managing Director PT SAP Indonesia, menambahkan “Cloud menjadi area yang sangat disorot para CIO di Indonesia saat ini. Para CIO yang menginginkan sebuah lingkungan virtual yang dapat mendukung perubahan aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam menjalankan bisnis dan dapat memenuhi permintaan pengguna,”

Tren tersebut terlihat dari beberapa pelanggan PT Daya Dimensi, mitra SAP,  yang tertarik dalam mengimplementasikan solusi Cloud Computing, antara lain adalah Bank Mandiri. “Tidak dipungkiri bahwa bisnis saat ini akan memprioritaskan pada penekanan biaya agar dapat mengantisipasi perubahan  bisnis yang cepat. Solusi virtualisasi melalui Cloud Computing akan menjadi pilihan yang tepat di masa depan dimana pebisnis dapat lebih menekan resiko bisnis yang terjadi karena perubahan-perubahan,” kata Andi Wibisono, Regional Director, Daya Dimensi Global. Berdasarkan data dari IDC diperkirakan bahwa belanja cloud terkait infrastruktur teknologi informasi perusahaan akan meningkat menjadi 12% dari keseluruhan pasar teknologi informasi tahun 2014.

SAP memfokuskan strategi Cloud-nya pada 6 elemen, yang bertujuan untuk memberikan solusi yang dapat diakses melalui alat apapun secara cepat. Adapun keenam elemen tersebut adalah :

–          Choice : Pelanggan dapat mengadopsi keseluruhan Cloud atau Cloud berbeda-beda

–          Focus : SAP akan fokus pada beberapa area produk

–          Prinsip-prinsip Design :

o   Paket Loosely-coupled yang berdiri sendiri (Loosely-coupled suite of standalone), merupakan yang terbaik di lini product Business Cloud

o   Fokus pada manusia (People centric)

o   Konsisten mengutamakan pengalaman pengguna (Consistent user Expeience)

o   Siklus Inovasi yang Cepat (Rapid Innovations Cycles)

o   Integrasi sebagai sebuah layanan (Integration-as-a-Services)

–          Open Platform Approach

–          Cloud Suite Solutions : SAP Business One onDemand untuk Bisnis UKM

–          SAP Cloud Computing Unit  : One SAP Cloud Organization