Review Sapphire Nitro R7 370 4GB

Advanced Micro Devices atau biasa disebut AMD. merupakan perusahaan Internasional yang bergerak dibidang semi-conductor. Ciptaan mereka yang terkenal adalah prosesor dan graphics card. Pada kelas graphics card nya sendiri, AMD memiliki jajaran yang solid, mencakup dari graphics card untuk para gamer yang berbudget tebal hingga gamer yang memiliki budget terbatas. Contoh dari graphics card untuk para gamer berbudget tebal adalah Radeon R9 Nano yang beberapa waktu lalu telah kami review, sedangkan salah satu graphics card untuk budget terbatas yang memiliki kemampuan menjalankan game dengan baik di resolusi 1080p adalah yang akan kami review berikut ini, siapa lagi kalau bukan Radeon R7 370.

DSC01153-500x314

Sapphire Nitro ini memiliki tema warna hitam dan sedikit sentuhan abu abu yang terlihat minimalis tetapi menarik. Sapphire masih menggunakan jenis pendingin Dual-X pada graphics card ini. Sapphire juga menggunakan Black Diamond chokes untuk komponennya yang di klaim mampu memberikan durability yang tangguh daripada komponen biasa.

Graphics card ini tergolong pendek, tetapi memiliki tebal yang cukup tinggi, yakni 21,12 x 11,12 x 3,6 cm. Terlihat juga dari luar, heatsink dari Nitro yang terlihat “kekar” dan siap mengalokasikan panas dengan baik.

Sapphire menyertakan dua buah kipas berukuran 80 mm untuk mengalirkan angin dingin ke heatsink graphics card tersebut. Untuk mengetahui kemampuan dari heatsink tersebut, kami mengujinya pada Unigine Heaven 4.0, software yang terkenal “menyiksa” GPU dari R7 370 ini.

Sapphire Nitro R7 370 4GB
◦Full-load : 69 °C (fan speed: Auto @41%)
◦Idle : 39 °C (fan speed: Auto @0%)

Full-load yang kami dapat pada graphics card ini tergolong baik, yakni 69C dengan kecepatan putaran fan berkisar pada 41%. Sedangkan pada idle, fan dari Nitro ini tidak berputar yang sangat mengurangi tingkat kebisingan saat penggunaan ringan ataupun sedang idle.

Sapphire memutuskan untuk tidak menggunakan backplate, hal tersebut dikarenakan Sapphire ingin memastikan airflow yang berada di graphics card tersebut berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

Graphics card AMD yang satu ini belum menganut teknologi XDMA dan masih menggunakan konektor CrossFire untuk menggabungkan dua graphcis card sejenis. Perlu diketahui, XDMA sendiri merupakan fitur AMD yang mampu melakukan penggabungan dua graphics card sejenis tanpa menggunakan konektor apapun.

Kami menggunakan power meter untuk mengukur konsumsi daya dari sistem yang kami uji. Kami hanya mengukur sistem secara kesuluruhan tanpa mengukur monitor.

Kami menguji kebisingan dari sebuah graphics card tersebut diukur dari jarak kurang lebih 50cm dari sistem yang menghadap ke pengguna, serta sound meter tersebut disejajarkan dengan telinga pengguna.

Tidak dapat dipungkiri, R7 370 merupakan graphics card untuk kelas mainstream. Graphics card ini memang ditujukan untuk bermain nyaman di resolusi HD ataupun Full-HD. Dalam pengujian kami menggunakan resolusi Full-HD, yakni 1920×1080, Sapphire berhasil menjalankan game dengan cukup baik. Setting Ultra pun dapat dicapai, seperti pada game Bioshock infinite. Walaupun pada beberapa game berat seperti The Witcher 3, Anda harus menunrunkan kualitas setting game Anda agar mendapatkan frame rate yang lebih nyaman.

Beralih ke performa pendingin, heatsink Dual-X yang diberikan Sapphire di R7 370 ini mampu mendinginkan chip GPU Trinidad Pro dengan baik. Terbukti saat Full-load, suhu maksimum yang kami dapat hanya berkisar 69C saja. Belum lagi teknologi dari Sapphire yang jarang dimiliki oleh graphics card AMD yang mampu mematikan kipasnya saat penggunaan ringan juga patut di apresiasi, secara keseluruhan pendingin tersebut memiliki pendingin yang baik dan cenderung tidak mengeluarkan suara yang bising. Untuk urusan konsumsi daya graphics card ini juga tidak terlalu berbeda dengan versi reference, yakni terpaut 15 watt, menjadi 217 watt saja.

Performa yang cukup baik di resolusi HD, silent, dan konsumsi daya yang tergolong rendah adalah kekuatan dari graphics card ini. Bagi Anda gamer dengan budget terbatas yang sedang mencari graphics card yang mampu menjalankan game baik di resolusi 1920×1080 ataupun 1360×768, Sapphire Nitro R7 370 4GB ini bisa menjadi pertimbangan Anda.