Review MSI Radeon R7 370 GAMING 4G

Seri AMD Radeon R7 370 yang kami uji kali ini datang dari MSI, yakni MSI R7 370 GAMING 4G. Dari segi penampilannya, terlihat bahwa video card ini sepertinya sudah mengalami modifikasi dari versi reference-nya. Indikasi paling mudah terlihat adalah pada desain bodi serta solusi thermal-nya, di mana MSI R7 370 GAMING 4G ini hadir dengan mengusung pendingin dengan teknologi Twin Frozr V. Penasaran dengan fitur ini, kami akan coba menjelaskannya kemudian.

Seperti pengujian video card sebelumnya yakni ASUS STRIX R7 370 Gaming 4GB, pengujian video card dari MSI kali ini juga akan menerapkan resolusi tinggi di 1080p hingga 1440p. Namun sebelum masuk ke tahap pengujian, terlebih dahulu akan kami paparkan detail teknis yang dihadirkan graphics card R7 370 milik MSI ini.

Jpeg
Jpeg
SPESIFIKASI

Secara internal, GPU yang diusung R7 370 ini merupakan Trinidad/ Pitcairn Pro yang bisa Anda jumpai di video card AMD generasi sebelumnya yakni Radeon R7 270/265 dan HD 7850. Namun begitu, hal tersebut tidak berarti dari sisi performa maupun fitur tidak mengalami perubahan. Pitcairn Pro terbaru di R7 370 justru sudah dipersiapkan untuk menghadapi era gaming masa depan di mana trend gaming kedepannya akan lebih mengarah pada online gaming yang semakin popular dengan konfigurasi di 1080p atau 1440p. Maka dari itu, Pitcairn Pro terbaru di R7 370 ini juga sudah dilengkapi dengan VRAM berkapasitas 4GB. Selain itu, R7 370 juga sudah siap untuk dukungan beberapa API terbaru seperti DirectX 12, OpenGL® 4.5 dan Vulkan™.

Lebih dari itu, versi R7 370 yang diusung MSI memiliki konfigurasi clock yang lebih tinggi, dengan peningkatan sebesar 7% dari versi standarnya. Tentunya, nilai tersebut bukanlah nilai limit yang bisa Anda peroleh. Sebab Anda bisa memperoleh nilai yang lebih tinggi lagi dengan perlakuan overclock untuk mencapai boost clock maksimum yang sebenarnya bersifat dynamic bergantung pada perlakuan overclock yang diterapkan. Apalagi graphics card ini sudah dipersenjatai dengan fitur pendingin yang mampu meredam laju panas secara efektif, sehingga user bisa menjangkau nilai clock optimal tanpa khawatir akan overheat.

Untuk mendukung kemudahan proses overclock ini, MSI pun menyertakan software MSI Afterburner yang dapat diaplikasikan user secara mudah, dan tersedia pada paket CD di dalam paket penjualannya.