Review ASUS Strix R7 370 Gaming 4GB

Kembali kami hadirkan pengujian video card yang kali ini datang dari ASUS yakni seri Strix R7 370 Gaming 4GB. Seri radeon R7 370 ini sebenarnya tersedia dalam dua versi yakni versi 2GB VRAM dan versi 4GB VRAM seperti SKU produk yang kami uji kali ini. Dukungan VRAM yang besar tentunya merupakan kelebihan tersendiri dalam menjalankan game atau konten dengan resolusi tinggi. Maka dari itu, pada pengujian kali ini kami akan mengujikan video card ini dengan konten-konten resolusi tinggi di 1080p dan 1440p.

Jpeg
Jpeg

Namun sebelum mereview lebih jauh, terlebih dahulu akan kami bahas spesifikasi yang dimiliki video card ini. ASUS Strix R7 370 Gaming 4GB ini hadir dengan mengusung GPU dengan code name Trinidad yang ternyata merupakan refresh GPU dari Pitcarin yang digunakan pada seri R7 265/270. Lantas apa bedanya? Tentunya generasi dari Radeon R7 370 ini hadir dengan segudang fitur baru guna memberikan pengalaman gaming yang memuaskan dengan dukungan API terbaru, pengaturan daya yang lebih baik memanfaatkan frame rate target control (FRTC), serta visual yang lebih baik di resolusi tinggi dengan dukungan VRAM yang lebih besar.

Dari sisi internal, GPU yang digunakan pada video card ini telah mengalami peningkatan clock sebesar 7% dari versi reference-nya. Perlu diketahui, clock GPU milik ASUS ini merupakan clock tertinggi yang diterapkan di R7 370 dibandingkan produk sejenis dari merek lain yang sejauh ini kami temui. Jadi bisa dipastikan bahwa video card ini mampu menyuguhkan kemampuan yang unggul saat digunakan untuk bermain game 3D meskipun dengan resolusi tinggi. Untuk membuktikannya, kami akan coba mengujikannya dengan beberapa apikasi benchmark sintetis maupun game yang selanjutnya akan ditampilkan pada bagian pengujian.

ASUS Strix R7 370 Gaming 4GB merupakan solusi grafis yang bisa Anda andalkan untuk memenuhi kebutuhan gaming saat ini. Beberapa game popular saat ini, mampu dijalankan dengan nilai frame rate yang cukup baik, bahkan pada resolusi tinggi sekalipun. Nilai clock bawaan yang cukup tinggi serta kapasitas VRAM yang besar merupakan modal yang dihadirkan ASUS Strix R7 370 Gaming 4GB ini untuk bisa bersaing dengan kompetitornya di kelas yang sama. Hal ini juga sekaligus sebagai parameter pembeda dengan seri generasi sebelumnya yakni HD 7850 dan R7 270/265 yang menggunakan arsitektur dan core GPU yang sama.

Untuk harga sendiri, ASUS Strix R7 370 Gaming 4GB ini dibanderol dengan harga kisaran 3.2 juta rupiah. Harga yang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah VGA card dengan kemampuan tinggi. Namun begitu, jika Anda memiliki budget yang sesuai, akan lebih bijak jika Anda menjatuhkan pilihan pada HD 7850 atau R7 270 yang notabene memiliki spesifikasi yang hampir sama. Karena dari segi harga, selisihnya bisa terpaut hingga 500-600 ribu rupiah. Selisih yang cukup besar yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain. Ini pun jika Anda tidak terlalu mempermasalahkan kapasitas VRAM sebesar 4GB yang ditawarkan ASUS Strix R7 370 ini.