Ponsel Pintar Berteknologi 4G LTE FDD Siap Diproduksi di Indonesia

TSMJakarta, 4 Desember 2014 – TSM Technologies (PT. Tata Sarana Mandiri) pelopor Original Design Manufacturer (ODM) yang mendesain dan memproduksi produk telepon seluler di Indonesia, hari ini mengumumkan kesiapannya bekerjasama dengan merek-merek lokal dan multinasional serta Electronic Manufacturing Services lokal untuk memproduksi ponsel pintar berteknologi 4G (fourth generation) LTE (Long-Term Evolution) FDD (Frequency-division duplexing) di Indonesia.

Ponsel pintar 4G LTE FDD didukung oleh Qualcomm Snapdragon Chipset yang bekerja pada frekuensi LTE di Indonesia seperti 850, 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz termasuk frekuensi data 3G dan 2G yang dapat beroperasi diseluruh jaringan operator di Indonesia. Sebelumnya, TSM Technologies telah mendesain ponsel pintar 4G LTE TDD (Time-division duplexing) pertama yang diluncurkan di Indonesia pada bulan Juli 2014 lalu.

“Sebagai ODM, TSM Technologies siap menjalani proses desain mulai dari kustomisasi perangkat lunak, sistem operasi, desain tatap muka, desain produk, hingga desain tata letak sirkuit (PCB). Kami juga bangga karena dapat  bekerja sama dengan Universitas terkemuka seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang  berkualitas.” ujar Riswanto, Director of Sales and Operations TSM Technologies.

Pembuatan ponsel pintar 4G oleh TSM Technologies ini turut mendukung program pemerintah seperti dari Kementerian Perindustrian (Kemenprin), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memajukan industri perangkat telekomunikasi dalam negeri. Pembuatan ponsel pintar ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan Sumber Daya Manusia berkualitas yang mampu bersaing untuk memenuhi kebutuhan pasar domestic, berdaya saing di pasar internasional dan dapat membangun rantai nilai (value chain) di Indonesia seperti Platform LeaderIndependent Design HouseSystem IntegratorElectronic Manufacturing ServicesDistributor/Brand Owner.

“Upaya kami memproduksi ponsel ini di Indonesia akan memperkuat komponen manajemen rantai pasok (supply chain management) dengan harapan dapat menggiatkan industri perangkat telekomunikasi di Tanah Air.” kata Benson E. Kawengian, Managing Director TSM Technologies.