MSI R9270X Gaming G2 Kartu Grafis Kelas Menengah dengan Fitur Pre Overclock.

msi1

Sebagai salah satu vendor yang getol memproduksi perangkat gaming, MSI juga memiliki jajaran kartu grafis yang menggunakan chip grafis Radeon dari AMD. Salah satunya adalah MSI R9 270X GAMING G2, kartu grafis yang berada di urutan terendah dari keluarga Radeon R9.

Kartu grafis ini sudah menggunakan sistem pendingin Twin Frozr dari MSI. Teknologi pendingin tersebut memiliki bentuk yang berbeda jauh dengan versi asalnya. Terdapat dua buah kipas berukuran 90 mm untuk menghasilkan proses pendinginan yang lebih maksimal. Melalui aplikasi MSI Gaming App, Anda juga dapat membuat kipas kartu grafis ini berputar secara maksimal agar panas lebih cepat diredam.

Meskipun telah dirilis cukup lama, namun MSI R9 270X GAMING G2 masih merupakan kartu grafis AMD yang paling terkini. Ia menggunakan chipset Pitcairn dengan performa di bawah kartu grafis Radeon R9 lainnya, seperti R9 290X dan R9 280X dengan base clock 1030MHz. Uniknya, kartu grafis ini hadir dengan fitur pre-overclock, dan memiliki tiga buah profil mode pengaturan yang dapat diaktifkan kapan saja melalui aplikasi MSI Gaming App. Ketiga profil tersebut adalah OC Mode, Gaming Mode dan Silent Mode.

OC Mode adalah profil untuk overclocking atau profil dengan peningkatan performa clock (boost clock) yang paling tinggi, hingga 1120MHz. Profil yang kedua adalah Gaming Mode yang cocok digunakan ketika Anda bermain game, dengan boost clock hingga 1080MHz. Sedangkan profil yang terakhir adalah Silent Mode yang cocok digunakan ketika melakukan kegiatan biasa, seperti browsing, menonton film, dan lain-lain.

Selain hadir dengan base clock sebesar 1030MHz, MSI R9 270X GAMING G2 juga hadir dengan memori sebesar 2GB GDDR5, dan bandwidth 256-bit. Kombinasi tersebut membuat kartu grafis ini telah sangat mumpuni untuk memainkan berbagai game terkini, meskipun beberapa dia ntaranya tidak dapat dimainkan pada pengaturan grafis maksimal.

Saat diuji dengan game GTA V, kartu grafis ini terkendala dengan kapasitas memori, sehingga tidak bisa menggunakan detail tekstur secara maksimal. Dengan menggunakan pengaturan grafis “high” pada GTA V (kecuali pada pengaturan kualitas tekstur), kartu grafis ini hanya mampu menyajikan rata-rata framerate sebesar 23 fps. Sedangkan pada game Ryse: Son of Rome dengan pengaturan grafis maksimal, ia dapat memperoleh rata-rata framerate sebesar 29 fps.

Sementara itu, pada pengujian dengan menggunakan game Tomb Raider, kartu grafis ini berhasil memperoleh rata-rata framerate yang cukup tinggi, hingga 43 fps. Pada pengujian dengan menggunakan 3D Mark, MSI R9 270X GAMING G2 berhasil memperoleh skor hingga 5.117. Dalam pengujian tersebut, kami mendapatkan penurunan performa yang cukup signifikan ketika efek Physics diterapkan dalam pengujian grafisnya.

Kartu grafis ini memang tidak bisa menyajikan kualitas grafis teratas pada game terkini seperti GTA V, namun ia masih dapat memainkannya dengan cukup baik. Jika Anda berani mengutak-atik kartu grafis ini, Anda dapat mengunduh aplikasi MSI Afterburner dan menaikan performanya melalui overclocking.

MSI R9 270X GAMING G2 dibanderol dengan harga Rp3 juta-an, sebuah harga yang cukup kompetitif mengingat ia memang ditujukan untuk gamer yang memiliki dana terbatas.***

sumber: teknologi.metrotvnews.com