Monitor G-Sync vs FreeSnyc vs V-Snyc fungsi dan perangkat

Sedikit ulasan tentang teknologi monitor G-Sync dan FreeSync. Nvidia sudah mengeluarkan teknologi G-Sync sejak tahun 2013, AMD mengeluarkan pada tahun 2014. Beberapa monitor lebih dahulu dibuat untuk G-Sync, tahun 2014 beberapa produsen mengeluarkan FreeSync. Keduanya sama saja memberikan kecepatan Variable Refresh rate untuk monitor dan VGA agar selaras bekerja.

Apa yang dimaksud dengan G-Sync dan FreeSync.

Penjelasan dari Nvidia seperti dibawah ini, fiturnya sama seperti FreeSync.
Monitor G-Sync vs FreeSnyc vs V-Snyc
Gambar bagian 1 & 2 Dengan teknologi V-Sync yang ada pada monitor saat ini. Ketika VGA terlalu cepat menampilkan gambar, seperti keepatan frame perdetik.  Monitor yang lebih lambat tidak mampu mengejar tampilan yang dibutuhkan VGA. Alasannya, kecepatan monitor hanya berada di antara 50-60 HZ atau setara 50-60Hz. Itupun pada resolusi Full HD. Untuk resolusi 4K, kinerja monitor semakin lambat karena gambar yang harus ditampilkan lebih besar. Efeknya , ketika VGA mengeluarkan gambar dengan kecepatan 100 fps, sedangkan monitor hanya mampu menampilkan gambar dengan kecepatan 50Hz (50 FPS).  Data gambar yang dikirim oleh VGA dan baru ditampilkan pada monitor, kembali ditumpuk dengan gambar kedua karena VGA sudah mengirim gambar lebih cepat. Hasilnya, pada tampilan monitor terlihat garis. Garis tersebut terjadi karena adanya 2 gambar yang berbeda tapi harus ditampilkan pada waktu bersamaan.
Gambar 3 Seperti penjelasan Nvidia dengan G-Sync, fitur yang sama seperti FreeSync. VGA akan menunggu mengirim gambar sesuai kecepatan monitor yang ada. Misalnya monitor hanya memerlukan 50Hz setara 50 fps, maka VGA hanya mengirim gambar untuk 50 fps.
AMD menerangkan dengan Freesnyc sebagai fitur yang sama untuk DisplayPort Adaptive Sync.
AMD Freesync

Mengapa G-Sync dan FreeSync diperlukan saat ini.

Untuk gaming, layar monitor dibuat semakin besar. Ukurannya bukan wide screen tapi ultra wide. Semakin lebar semakin banyak pixel yang harus diproses. VGA tidak perlu terlalu cepat mengirim data gambar, karena kebutuhan monitor yang terbatas. Teknologi V-Sync saat inilah yang akan digantikan oleh G-Sny dan FreeSync.

Peralatan G-Sync dan FreeSync.

Nvidia G-Sync

  • G-Sync membutuhkan VGA khusus dari Nvidia.
  • G-Sync membutuhkan DisplayPort 1.2a untuk monitor.
  • VGA yang mendukung G-Snyc mulai dari
  • G-Sync membutuhkan modul milik Nvidia yang dipasang di monitor. Harga saat ini sekitar $100-150
  • VGA untuk G-Sync, dimulai dari GTX 650Ti Boost sampai Titan.


AMD FreeSync

  • FreeSync membutuhkan VGA khusus dari Radeon, atau mungkin dibuat untuk produsen lain.
  • FreeSync tidak membutuhkan DisplayPort 1.2a tapi memerlukan monitor dengan fitur FreeSync, walau akhirny akan mengunakan DisplayPort 1.2a.
  • FreeSync tidak membutuhhkan modul khusus. Hanya produsen yang menambahkan sendiri FreeSync dan OpenSource
  • VGA untuk FreeSnyc, Radeon R9 290, 290X, R9 285, kabarnya R7 260X dan HD 7790 juga mendukung. Bisa diperiksa dari masing masing produsen VGA

Harga monitor G-Sync vs FreeSync.

Monitor G-Sync

  • Rata rata masih berada di $1000.

Monitor FreeSync.

Harga diatas hanya harga awal, nantinya ditentukan oleh produsen monitor.

Apa perbedaan G-Sync dan FreeSync. Untuk fungsi tidak ada bedanya, mungkin hanya sedikit. Keduanya hanya mewakili standar Adaptive Snyc untuk DisplayPort 1.2a. V-Sync sebenarnya sama dan sudah lebih dahulu ada. V-Sync dapat menurunkan kecepatan FPS dengan diaktifkan pada game. Hanya tampilannya nanti tidak sehalus G-Sync atau FreeSync.
Kenyataannya V-Sync dirancang untuk monitor tabung / CRT, bukan untuk LCD. G-Snyc dan FreeSync memang dirancang untuk LCD. G-Sync dan FreeSync akan lebih baik dibanding V-Snyc. Sedangkan V-Sync gambar akan semakin buruk bila kecepatan FPS diturunkan. Antara G-Snyc dan FreeSync mungkin berbeda sangat sedikit, sekitar 3-5% dari halusnya gambar.
Semuanya untuk membuat sinkronisasi antara 2 perangkat monitor dan VGA. Intinya Refresh rate yang dinamis bisa ditampilkan di monitor dengan Fir Refresh Rate, serta membuat tampilan gambar lebih halus. Adaptive Sync juga memperbaiki  pemakaian power, seperti statik di layar desktop akan menurunkan frame rate video. Monitor computer atau notebook memiliki Refresh Rate yang tetap.  Sedangkan GPU dan CPU melakukan render gambar bervariasi. Keduanya tentu tidak sinkron. Dengan Adaptive Sync, maka kecepatan VGA dapat diturunkan sementara kekuatan VGA dapat dialihkan untuk proses lain. Dampak positif lain, VGA tidak mengambil power lebih besar sehingga konsumsi power lebih rendah. Bila digunakan pada notebook gaming, baterai dapat bertahan lebih lama.
Mengapa AMD tertinggal 1 tahun mengeluarkan FreeSnyc, setelah Nvidia mengumumkan G-Snyc. AMD mengatakan, dahulu kan belum banyak peminatnya. Ketika pasar game mulai melirik teknologi G-Snyc, AMD ikut dalam permainan tersebut. AMD mungkin bertanya, mengapa Nvidia membuat G-Snyc dengan solusi perangkat keras seperti menambah modul yang harganya mahal. Tentu kita bisa menebak alasannya. Tidak ada ruginya membeli monitor G-Snyc atau FreeSync, karena teknologi ini diperkirakan dapat bertahan 5 tahun bahkan lebih. Keduanya akan berakhir seperti AMD dan Intel procesor, terpisah antara socket procesor, chipset dan motherboard. Hal yang sama antara VGA Nvidia dan AMD, akan terpisah antara monitor dan VGA.***

sumber: obengplus.com