Implementasi SAP Business All in One di VIVERE Group

Jakarta, 22 Maret 2012 – PT SAP Indonesia hari ini menginformasikan bahwa PT. Gema Graha Sarana Tbk – VIVERE Group, salah satu perusahaan furniture & fixtures terbesar di Indonesia sedang mengimplementasikan solusi SAP Business All in One untuk mengintegrasikan semua proses bisnisnya demi peningkatan efektifitas dan efisiensi kinerja perusahaan.

SAP Business All in One merupakan piranti lunak ERP (Enterprise Resources Planning) lengkap dan menyeluruh yang diperuntukkan bagi perusahaan skala menengah, serta solusi terintegrasi & terjangkau yang didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini dan dimasa mendatang. Dengan menggunakan solusi SAP Business All in One, perusahaan dapat  menggunakan fasilitas tambahan lain sesuai kebutuhan perusahaan, seperti : fungsi CRM (Customer Relationship Management), SRM (Supplier Relationship Management), dan lainnya.

Berdiri pada tahun 1984, PT. Gema Graha Sarana Tbk., perusahaan induk dari VIVERE Group, memulai bisnis di bidang interior kontraktor dengan pegawai kurang dari 10 orang. Hingga kini VIVERE Group – PT. Gema Graha Sarana Tbk, terdiri dari 3 anak perusahaan terkonsolidasi yaitu PT. Prasetya Gema Mulia (PGM), PT. Laminatech Kreasi Sarana (LKS), dan PT. VIVERE Multi Kreasi (VMK). VIVERE Group memiliki visi untuk menjadi pilihan utama untuk lifestyle interior dan eksterior dengan memberikan produk-produk dan layanan yang berkualitas. Untuk mencapai visi tersebut, VIVERE Group akan terus membangun organisasi bisnis kelas dunia yang terus berkembang berdasarkan kompetensi karyawan yang selalu dimutakhirkan, melakukan inovasi serta mewujudkan produk dan jasa bermutu menurut kriteria pelanggan dalam kenyamanan, kesehatan (ergonomis), dan ramah lingkungan.

Proses Implementasi

Seiring dengan pertumbuhan bisnis VIVERE Group, kebutuhan akan kecepatan akses data dan pengambilan keputusan merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Sebelum mengimplementasikan solusi ERP, sistem informasi antar divisi belum memenuhi konsep integrasi proses sehingga mempengaruhi efektifitas proses pekerjaan, Mempertimbangkan hal tersebut, perusahaan memutuskan untuk mengimplementasikan aplikasi bisnis SAP.

Sebelum memutuskan aplikasi bisnis SAP Business All in One, manajemen melakukan beberapa langkah penting, seperti: mengidentifikasi permasalahan yang ada pada proses bisnis di VIVERE Group dan melakukan serangkaian seleksi mengenai aplikasi bisnis serta perusahaan penyedia solusi bisnis yang cocok untuk VIVERE Group. Setelah melakukan berbagai peninjauan internal perusahaan, manajemen kemudian memilih untuk menggunakan solusi bisnis SAP Business All in One.

“Kami melihat SAP sangat penting untuk diimplentasikan di dalam industri furniture dan fixtures seperti VIVERE Group. Dengan implementasi solusi ini, kami berharap dapat mewujudkan visi VIVERE group untuk menjadi pilihan utama dalam bidang lifestyle interior dan eksterior untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan dalam rangka memaksimalkan kinerja perusahaan,” kata Dedy Rochimat, Presiden Direktur PT. Gema Graha Sarana, Tbk“.

“Kami bangga dapat membantu VIVERE Group sebagai salah satu perusahaan furniture dan fixtures terkemuka dalam mengintegrasikan sistem kerja yang berguna dalam proses pengambilan keputusan bisnis, namun lebih dari itu SAP tidak hanya menawarkan integrasi antar divisi dan unit dalam proses bisnis yang ada, tetapi juga metode implementasi praktek terbaik, yang memberikan nilai tambah dalam meningkatkan kinerja perusahaan, ujar Singgih Wandojo, Managing Director SAP Indonesia.

Dalam implementasi ini, VIVERE Group dibantu oleh salah satu mitra SAP, PT Soltius Indonesia. Soltius memiliki pengalaman yang baik di Indonesia dalam mengimplementasikan solusi-solusi SAP di berbagai perusahaan. Selain itu Soltius memiliki sumber daya yang berkualitas untuk mengimplementasikan SAP dalam waktu 6 bulan, termasuk didalamnya modul Sales & Distribution (SD), Material Management (MM), Finance & Controlling (FICO), Production Planning (PP), dan Project Systems (PS). Untuk tahap awal, Soltius akan mengimplementasikan SAP Business All in One di  VIVERE Group, dengan pilot project di 2 (dua) perusahaan:  PT. Gema Graha Sarana, Tbk dan PT. Vivere Multi Kreasi.

“Kami sangat menghargai keberanian PT. Gema Graha Sarana, Tbk-VIVERE Group dalam mengambil keputusan strategi yang tepat untuk menggunakan solusi SAP Business All in-One untuk mendukung perkembangan bisnis mereka sekarang dan ke depan. Sebagai SAP Gold Partner, tentu kami juga sangat bangga telah terpilih sebagai mitra bisnis mereka untuk mendampingi VIVERE Group dalam mengimplementasikan solusi SAP ini,” ujar Tico Kamayana, Presiden Direktur PT. Soltius Indonesia. “Bagi kami, proyek VIVERE Group ini menjadi proyek yang potensial karena menambah panjang catatan referensi industri yang kami implementasikan. Dari segi industri, project VIVERE Group merupakan project pertama Soltius dalam industri furniture & fixtures. Kami yakin dan optimis dapat memberikan yang terbaik dan mampu bekerjasama dengan tim VIVERE Group,” Tico menambahkan.

Integrasi proses bisnis menggunakan SAP diharapkan lebih meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas kerja perusahaan, yang tidak hanya meningkatkan keuntungan perusahaan semata, tetapi juga membawa perusahaan lebih dekat dalam mencapai misinya menjadi organisasi kelas dunia dalam industri furniture & fixtures. Proyek ini diharapkan dapat go live di bulan Oktober 2012.