HP ProLiant Sematkan AMD FirePro

 

 

AMD mengumumkan GPU (Graphics Processing Unit) server AMD FirePro S9150 yang dirancang untuk hadirkan performa komputasi tinggi. Ia sudah tersedia dan digunakan pada salah satu server terlaris di dunia, HP ProLiant DL380 Gen9.

 

GPU server AMD FirePro bersama server HP ProLiant DL380 Gen9 dirancang untuk menjalankan aplikasi khusus di berbagai bidang, seperti akademis dan pemerintahan, penelitian minyak dan gas, hingga jaringan syaraf terdalam.

 

Menggunakan arsitektur Graphics Core Next (GCN) pertama dari AMD yang dirancang untuk menjalankan beban kerja komputasi, GPU AMD FirePro S9150 mendukung komputasi enhanced double precision floating point dengan menembus angka 2.0 TFLOPS. Dengan memori GDDR5 16 GB dan konsumsi daya maksimal 235 watt, GPU AMD FirePro S9150 diklaim sajikan performa komputasi ekstra dengan bujet yang rasional.

 

“Kami bangga dengan GPU AMD FirePro yang mampu hadirkan kekuatan komputasi untuk mengerjakan beban komputasi tinggi kepada para pengguna server HP,” ujar Karl Freund, general manager, Professional Graphics at AMD. “Pengguna server HP ProLiant DL380 Gen9 bisa mendapatkan keuntungan dengan adanya dukungan terhadap OpenCL dan OpenMP, untuk komputasi GPU dan penggunaan multi-GPU di setiap server.”

 

Dengan teknologi AMD STREAM, pengguna dapat mendongkrak kekuatan parallel processing dari GPU AMD FirePro S9150 dan mengoptimalkan aplikasi grafis. GPU AMD FirePro S9150 memiliki fitur: Performa maksimal double-precision floating point hasilkan angka 2.53 TFLOPS – 77 persen lebih baik dibanding GPU pada umumnya

Performa single-precision floating point 5.07 TFLOPS – 18 persen lebih baik dibanding GPU pada umumnya

RAM 16GB GDDR5, 512-bit memory interface dan bandwith hingga 320 GB/s

2.816 stream processors (44 GCN compute units)

Dukungan Error Correcting Code Memory (external)

Dukungan OpenCL 2.0

Konsumsi daya maksimal 235WGPU

 

AMD FirePro S9150 juga mampu menangani beban kerja sekaligus di beberapa aspek dengan mengaktifkan OpenMP, yaitu API yang dirancang untuk high-level parallelism di dalam program C, C++, dan Fortran.

 

Di bidang minyak dan gas, serta teknik dan kimia, banyak perusahaan yang berinvestasi pada OpenMP untuk bisa mencapai beban kerja yang relevan. Kolaborasi AMD dan Pathscale untuk sajikan dukungan OpenMP 4.0 akan membuat para pelanggan bisa memanfaatkan kekuatan komputasi GPU AMD FirePro S9150 server GPU.

 

Sebagai tambahan, AMD juga memiliki GPU FirePro S4000X yang digunakan pada blade server HP ProLiant. Dengan fungsi grafis 3D kelas atas dan penggunaan leboh dari satu monitor, GPU AMD FirePro S4000X sajikan performa grafis sekelas server dalam sebuah remote desktop.

 

Dirancang untuk kebutuhan blade server dan blade workstation, setiap modul GPU AMD FirePro S4000X memiliki konsumsi daya maksimal 45W dengan memori GDDR5 2GB dan bandwith hingga 72 GB/s, dan dukungan penggunaan hingga enam remote display beresolusi tinggi.***

sumber: teknologi.metrotvnews.com