Electronic City Implementasikan SAP ERP 6.0 Demi Fasilitasi Bisnis End to End

download

Guna mendukung transformasi  sistem teknologi informasi (TI) PT Electronic City telah berhasil menyelesaikan tahap pertama implementasi SAP ERP 6.0 Retail awal bulan ini. Sekadar info, aplikasi ini merupakan solusi ritel yang terintegrasi mulai dari eksekusi, pelaporan, serta analisis proses bisnis end to end, termasuk logistik dan distribusi.

Aplikasi SAP dan layanannya memungkinkan lebih dari 258.000 pelanggan beroperasi secara profitable dan berkesinambungan. Fery Wiraatmadja, Commercial and Investor Relation Director PT Electronic City, mengatakan bahwa program SAP nantinya akan mampu meningkatkan sistem operasi
toko mulai dari keuangan, pergudangan, sampai merchandising yang tersentralisasi dengam sistem utama Electronic City.
Alasan yang mendasari EC berganti sistem terangkum dalam QQT (Quantity, Quality, dan Timing). Dari sisi Quantity, Fery menjelaskan bahwa kompleksitas barang yang dijual di toko semakin banyak sehingga memerlukan sistem yang dapat merekam seluruh barang dengan baik. Dari sini akurasi data yang terangkum dalam aspek Quality juga dinilai penting. “Untuk Timing yaitu seberapa cepat kami bisa mendeliver itu semua sehingga berjalan efisien,” paparnya.
“Hal ini penting sebab dari 2011-2016 EC melakukan ekspansi besar-besaran. Dan pertumbuhan kami mencapai 6 kali lipat sehingga kami sudah agendakan SAP ke rencana kerja jangka panjang. Dari sinilah, kami ingin merampingkan proses bisnis serta menjaga kepercayaan investor kami. Tahap selanjutnya adalah meningkatkan sistem CRM kami untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan,” terangnya.
Penerapan SAP pertama telah dilakukan pada 14 November 2014 di 6 toko yang berada di Cibinong. “Targetnya pada 15 Januari 2015 akan diterapkan lagi di 4 toko di Padalarang dan 9 toko di Curug. Dan pada 15 Maret 2015, 28 toko kami juga akan mengikuti. Puncaknya, 15 Mei 2015, ke-66 toko kami sudah terintegrasi oleh SAP,” tegas Fery. (EVA)

sumber:swa.co.id