Bocoran Chip Grafis Terbaru AMD Radeon R9 Fury X

AMD menjadi salah satu vendor yang mengumumkan prouk terbaru mereka saat ajang Computex 2015 di Taipei, awal bulan Juni lalu. Saat itu mereka mengmumkan bahwa pada ajang Electronic Entertainment Expo (E3) nanti, akan hadir varian kartu grafis terbarunya. Tidak perlu lama, kali ini kita sudah mendengar bocoran terkait Radeon R9 Fury X.

JDDAzV1CiO
AMD Radeon R9 Fury X disinyalir menjadi kartu grafis tercanggih yang pernah dibuat AMD. Ini adalah chip GPU yang sudah menggunakan arsitektur Fiji dengan fabrikasi 28 nm. Radeon R9 Fury X diperkirakan memiliki 4.096 stream processors, 256 TMU, 128 ROP, dan intruksi bandwidth mencapai 4096-bit, dan memori sebesar 4 GB.
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari Hardware Battle, AMD Radeon R9 Fury X akan menggunakan empat antarmuka, yang terdiri dari tiga port DisplayPort dan satu port HDMI. Dikabarkan juga bahwa kartu grafis untuk versi reference-nya tidak menggunakan kipas sebagai sistem pendingin. Sistem water cooling untuk pendinginannya akan melibatkan satu unit radiator mini.

Biasanya, codename yang digunakan untuk menamai arsitektur setiap chip grafis dari AMD hadir dalam dua versi. Versi yang kedua memiliki perbedaan dari segi performa, yang biasanya dibedakan dengan penambahan nama XT. Artinya tidak tertutup kemungkinan bahwa mereka juga siap mengumumkan Fiji XT dalam ajang E3.***

sumber:teknologi.metrotvnews.com