Baidu Indonesia Mencari Mitra Lokal Untuk Online Advertising

Jakarta, 25 Februari 2014 – Baidu [NASDAQ:BIDU], mesin pencari terkemuka dan pemenang penghargaan pengembang PC, produk web dan mobile asal China, telah memasuki pasar di Indonesia. Baidu Indonesia kini mencari mitra lokal agency yang bergerak di online advertising untuk mengembangkan pasar iklan online.

Baidu merupakan jalur strategis bagi perusahaan di Indonesia yang membidik pasar di China. Baidu merupakan mesin pencari dengan pangsa pasar terbesar di China saat ini yang telah menjaring 95% Netizen di China, dengan melayani lebih dari 6 miliar search request per hari. Baidu Market Value saat ini mencapai lebih dari USD 60 Milliar dan membukukan penghasilan lebih dari USD 5.2 milliar sepanjang tahun 2013 kemarin.

Dengan potensi sebesar itu, Baidu Indonesia kini mencari pemain lokal untuk iklan online untuk menggarap potensi tersebut. Dengan adanya kerjasama mitra lokal, diharapkan perusahaan lokal dapat memperkenalkan produk dan jasa mereka di pasar China. Adapun industri yang memiliki potensi seperti travel, airlines, hospitality, maupun kerajinan tangan dan hasil budaya khas Indonesia yang bisa dipasarkan di China.

“Kami terbuka untuk lokal advertising agency yang memiliki pelanggan yang ingin melakukan promosi melalui search engine marketing di pasar China”, ungkap Iwan Setiawan, Marketing Manager Baidu Indonesia. “Industri travelling di Indonesia saat ini sangat booming, dan setiap tahun, jutaan turis dari China datang untuk berwisata ataupun melakukan perjalanan dinas ke Indonesia, ini adalah salah satu peluang terbaik bagi pemain lokal untuk mengenalkan produk dan jasanya ke pasar China. Ini merupakan salah satu contoh, saya yakin masih banyak peluang dari industri lain yang bisa digarap nantinya” ungkapnya lebih lanjut.

Seiring dengan hal tersebut, PT Garuda Indonesia Tbk yang merupakan perusahaan penerbangan terkemuka di Indonesia telah menjadi klien Baidu dan menggunakan platform Baidu untuk memperluas jangkauan pasarnya ke China. Para netizen China yang berminat melakukan perjalanan ke Indonesia kini dapat menggunakan jasa Garuda Indonesia Airlines sebagai salah satu pilihan penerbangan selain penerbangan yang sudah ada saat ini.

“Kami mengundang para mitra lokal yang memiliki potensi untuk mengembangkan industri online advertising agar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan di Indonesia. Ini merupakan pasar yang potensial yang bernilai jutaan dollar untuk digarap. Baidu berperan sebagai jembatan bagi perusahaan lokal untuk memasarkan produk dan jasa mereka di pasar China”, kata Bao Jian Lei, Managing Director Baidu Indonesia.

Baidu telah meluncurkan berbagai produk di Indonesia seperti Baidu PC Faster, Baidu Antivirus dan Baidu Browser yang telah sukses mendapatkan jutaan pengguna di Indonesia. Baidu di Indonesia sendiri berkantor di World Trade Center II, di daerah pusat bisnis area perkantoran Sudirman, Jakarta