Baidu Indonesia Luncurkan Program Grow Local Go Global

Perusahaan asal Tiongkok yang populer dengan mesin pencariannya, Baidu, melalui Baidu Indonesia meluncurkan program Pengembangan Ekonomi dan Ekosistem Berbasis Internet. Menurut manajemen Baidu, program ditujukan sebagai upaya mengembangkan industri kreatif digital di Indonesia.

STA_9349 - Copy

Bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Baidu mencanangkan dua agenda kerja dalam program tersebut, yakni Grow Local untuk mengembangkan industri digital Tanah Air serta mendukung startup dan pengembang aplikasi lokal. Kemudian, Go Global untuk membuka akses bagi produk digital Indonesia memasuki pasar global, khususnya Tiongkok melalui platform Baidu.

Bao Jianlei, Direktur Baidu Indonesia, mengatakan kedua agenda kerja itu merupakan program jangka panjang yang prosesnya akan dimulai pada kuartal keempat 2015. Sebagai pemain asing di Indonesia, Bao mengungkapkan, Baidu tidak hanya memperluas pasarnya tetapi juga membuka kesempatan yang sama bagi para pemain lokal untuk menembus pasar Tiongkok.

“Ini tahun ketiga Baidu di Indonesia. Salah satu upaya yang kami lakukan dengan mempromosikan sektor pariwisata Indonesia untuk menarik wisatawan Tiongkok datang ke sini. Sekaligus mendukung target pemerintah Indonesia mendatangkan 10 juta wisatawan Tiongkok di 2019,” kata Bao di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Dalam pengembangan industri digital di Indonesia, pada tahap awal Baidu akan merilis hasil riset pasar bertajuk ‘Understanding Mobile Apps Market in Indonesia’ yang dilakukan oleh lembaga riset Gfk (Growth from Knowledge) di beberapa kota utama di Indonesia.