ASRock Perkenalkan 970M Pro3: Motherboard Micro-ATX untuk Socket AM3+

Asrock 970M Pro3
Asrock 970M Pro3
Setelah sebelumnya memperkenalkan ASRock Fatal1ty 970 Performance, ASRock memperkenalkan sebuah motherboard lagi yang berbasis chipset AMD 970. Produk ini hadir dalam lini Pro dengan form factor Micro-ATX dan menyandang nama ASRock 970M Pro3.
Chipset 970 menjadi salah satu chipset terlaris dikalangan produsen motherboard. Jika kita “berhitung” terlihat jika dibandingkan dengan kakaknya AMD 990FX, dia terlihat lebih popular dikalangan vendor. Mengingat bahwa perbedaan diantara keduanya tak jauh, tak heran produsen seperti ASRock menambahkan satu lagi motherboard berbasis chipset kedalam jajaran produknya.

Board ini mampu mengusung prosesor dengan TDP sampai dengan 140W. Cocok sekali dengan jika dipasangkan dengan prosesor seperti FX 8370 atau FX 8370E, yang memiliki TDP 125W dan 95W. Sayang sekali board ini tidak mendukung prosesor FX seri 9. Tetapi dengan penggunaan power phase design 4 + 1 pada board ini, mungkin masalah kompatibilitas dapat dimaklumi. Walau dengan ukuran board yang mungil, ASRock tetap menyediakan slot ekpansi yang berlimpah. Satu buah slot PCI-Express 2.0 x16, satu buah PCIe x4(bentuknya x16, tetapi hanya menggunakan konektivitas x4), satu buah PCIe X1 dan satu buah legacy PCI menghiasi board ini. Board ini juga menawarkan enam buah SATAIII port, sebuah gigabit Ethernet port dan enam buah koneksi USB 3.0.

Motherboard ini diperkenalkan dengan harga USD $99. Dengan harga yang cukup terjangkau membuat motherboard ini menjadi alternatif menarik. ASRock berhasil meramu sebuah motherboard mungil dengan chipset terbaru dengan harga yang bersahabat.