AMD Umumkan Empat VGA Berbasiskan GPU Fiji

AMD-Fiji-Based-Graphics-Card-500x281

Rentetan rumor mengenai graphics card generasi terbaru dari AMD akhirnya dapat berakhir. Hari ini AMD akhirnya mengumumkan jajaran graphics card generasi terbaru mereka. Selain Radeon R9 390X, R9 390, R9 380, R7 370, dan R7 360, AMD ternyata masih menyimpan kejutan besar lainnya. Selama ini kita hanya mengetahui AMD akan mempersiapkan dua graphics card tertinggi mereka berbasiskan GPU dengan codename Fiji untuk menggantikan Radeon R9 290X dan R9 290. Akan tetapi siapa menyangkan jika AMD mempersiapkan empat graphics card terbaru berbasiskan chip GPU Fiji lengkap dengan tipe memori terbaru yaitu HBM (High Bandwidth Memory). Tipe graphics card tersebut mencakup Radeon R9 Nano, R9 Fury, R9 Fury X, dan sebuah graphics card tanpa nama yang akan ditenagai dua chip GPU Fiji.

Radeon R9 Fury X sepertinya diposisikan untuk mengganti tampuk kekuasaan yang dipegang oleh Radeon R9 290X selama ini sebagai graphics card single-GPU terkencang dari AMD. Dilengkapi sistem pendingin tipe liquid cooling dengan radiator 120 mm, Radeon R9 Fury X dipersiapkan untuk menghadirkan pengalaman bermain maksimal di resolusi 5K. Untuk harga jual, AMD menyebutkan angka $649 (MSRP online) dan tampaknya akan menjadi kompetitor kuat bagi GeForce GTX 980 Ti di kelas harga serupa.

Radeon R9 Fury, untuk saat ini sayangnya belum diketahui seperti apakah wujud graphics card tersebut. Walaupun begitu Radeon R9 Fury akan menggunakan sistem pendingin tipe air cooling walaupun tidak menutup kemungkinan ada yang akan menawarkan dengan liquid cooling. Untuk taksiran harga Radeon R9 Fury adalah $549 (MSRP online) dan akan menjadi kompetitor dari GeForce GTX 980 ($499).

Radeon R9 Nano adalah kejutan besar AMD yang tidak pernah diduga sebelumnya. Dengan ukuran tidak lebih dari panjang dari konektor PCIe x16 di graphics card atau sekitar 6 inci, Radeon R9 Nano tampaknya akan menjadi idola pengguna yang akan membangun sistem gaming mini-ITX. GeForce GTX 970 mini-ITX sepertinya akan menjadi kompetitor kuat graphics card ini dalam hal ukuran.

Untuk tipe graphics card keempat berbasiskan chip GPU Fiji memang belum memiliki nama resmi. Akan tetapi penggunaan dua chip GPU Fiji menandakan graphics card tersebut akan menggantikan posisi Radeon R9 295X2. Mungkinkan graphics card tersebut juga akan hadir menggunakan sistem pendingin tipe liquid cooling seperti halnya R9 295X2.

Walaupun bukan merupakan sebuah graphics card, AMD juga mengumumkan sebuah produk dengan nama Project Quantum. Produk tersebut merupakan sebuah sistem gaming desktop dengan ukuran kurang lebih mirip dengan video game console. Menariknya di dalamnya telah menggunakan prosesor AMD (belum diketahui tipenya) dan dua graphics card berbasiskan chip GPU Fiji. Menariknya, sejumlah komponen utama seperti prosesor dan graphics card akan didinginkan dengan sistem pendingin tipe liquid cooling.

Radeon R9 Fury X diperkirakan siap dinikmati pengguna pada 24 Juni mendatang. Sedangkan untuk Radeon R9 Fury beberapa minggu setelahnya yaitu pada 14 Juli.***