AMD Radeon R9 Fury, Terobosan Baru untuk Pecinta Game

Generasi kartu grafis AMD Radeon kini bertambah dengan sejumlah inovasi terbaru bagi kalangan gamers. Salah satunya adalah GPU AMD Radeon R9 Fury X Graphic Card.

AMD_R9FuryX_WC-500x270
“Ini adalah perwujudan sebuah perubahan paradigma dalam rancangan GPU dari chip yang selama ini dikenal dengan kode sandi ‘Fiji’,” kata General Manager AMD for ASEAN, Ryan Sim, Senin (29/6).

Kartu grafis ini, lanjut dia, sudah diintegrasikan dengan High-Bandwidth Memory (HBM), serta menjadi yang pertama menggunakan teknologi ini.

HBM ini memberikan 60 persen lebih bandwidth memory melalui GDDR5 dan interface memory sebesar 4096-bit. Penggunaan kartu grafis ini, kata Ryan, memungkinkan game monitor menghasilkan kinerja kelas ultra-enthusiast dalam sebuah komponen grafis berukuran sekitar 7,5 inci.

Dengan interface memory tersebut, GPU AMD Radeon R9 Fury X Graphic Card telah memenuhi syarat kinerja ekstrim yang lebih besar untuk game 4K (4000 pixel) serta performa luar biasa di resolusi 4K. Desain kartu grafis ini siap digunakan untuk API generasi masa depan, seperti DirectX 12, OpenGL 4.5, Vulkan, dan ADM Mantle.

“Desain R9 fury ini sudah sangat baik. Kita mengenalnya dengan cool & quiet operation. Menggunakan typical gaming scenario GPU temperature, yaitu -50°C,” jelas AMD Chief Gaming Scientist, Richard Haddy.

Salah satu penawaran yang diunggulkan adalah pemanfaatan teknologi AMD LiquidVR. Teknologi ini memunkinkan pengalaman Visual Reality (VR) yang compatible dengan sejumlah perangkat head-mounted displays. “R9 Fury ini merupakan kartu grafis terkecil di kelasnya, namun efeknya sangat besar,” tutur Richard.

Kartu grafis ini memungkinkan form factor PC yang baru. Laboratorium Inovasi AMD baru-baru ini mengeluarkan PC Project Quantum (sebagai new form factor) yang mengilustrasi penggunaan GPU Radeon R9 Fury X di era VR ini.

Dari Project Quantum tersebut, dibuktikan R9 Fury memiliki VR terbaik dengan ukuran yang kecil. Kartu grafis ini pun dinyatakan sebagai world fastest graphics card.

Kartu grafis ini tersedia sejak 24 Juni 2015. Sementara itu, AMD Radeon R9 Fury dengan tambahan teknologi air cooled maupun liquid cooled baru akan tersedia pada 14 Juli 2015.

Selain itu, diciptakan pula AMD Radeon R9 Nano dengan panjang 6 inci. Ke depannya, AMD berencana memberikan flagship dari Radeon Fury yang memungkinkan pengalaman 4K dan VR, dengan menggunakan double fiji (basis 2 unit GPU “Fiji”).***