AMD Perkenalkan Pengganti Catalyst dengan Segudang Perubahan

OzFCo0jkTH

AMD baru saja mengumumkan pengganti dari software driver kartu grafisnya, yaitu Catalyst. Pengganti yang kini bernama Radeon Software tersebut memiliki banyak perubahan dari Catalyst, termasuk pada antarmukanya yang kini memiliki desain lebih intuitif dan lebih simpel.

Meskipun memiliki embel-embel “software” pada namanya, AMD menyebut Radeon Software sebagai sistem operasi mini yang akan menjalankan kartu grafisnya. Untuk versi pertamanya, AMD menyebutnya dengan nama Crimson. Kedepannya, AMD akan terus merilis versi baru untuk Radeon Sofware yang namanya akan diambil dari nama berbagai jenis warna merah, seperti Crimson yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Dalam Radeon Software, akan terdapat Radeon Settings yang akan mengganti peran dari Catalyst Control Center. Berbeda dengan Catalyst Control Center yang menggunakan .NET Framework, Radeon Settings menggunakan Qt Framework. Menurut AMD, penggunaan Qt Framework akan membuat performa software barunya tersebut jauh lebih baik dari sebelumnya, yaitu hingga 10 kali lebih cepat.

Selain Radeon Setting, akan terdapat juga Game Manager yang akan mendeteksi secara otomatis setiap game yang terpasang di PC Anda. Melalui Game Manager, Anda kini dapat mengatur setiap pengaturan grafis setiap game sesuai dengan keinginan Anda. Jika tidak ingin repot, AMD juga menyediakan fitur optimalisasi otomatis untuk Anda. Uniknya, Game Manager juga memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat overclocking untuk setiap game yang ada di PC.

AMD juga menyediakan pengaturan khusus untuk para pengguna PC dengan monitor lebih dari satu. Pengaturan tersebut membuat teknologi Eyefitity lebih mudah diatur dan digunakan dari sebelumnya. Eyefinity sendiri merupakan teknologi dari AMD yang memungkinkan penggunaan lebih dari satu layar pada sebuah game atau aplikasi.

Info lebih lanjut mengenai AMD Software Crimson akan dibocorkan dalam beberapa minggu ke depan oleh AMD. Meskipun tidak menyebutkan tanggal pasti untuk perilisannya, AMD sempat mengatakan bahwa AMD Software Crimson akan tersedia sebelum tahun 2016 mendatang.