AMD Ingin Hadirkan Standar Baru untuk Graphics Card Eksternal?

8kvPR1nzwG

AMD tampaknya ingin menghadirkan suatu standar untuk mempermudah pemasangan graphics card eksternal ke PC berukuran ringkas, misalnya laptop. Standar ini disebut bisa mempermudah pengguna untuk mendapatkan kemampuan tinggi dari graphics card dalam PC berukuran ringkas mereka saat dibutuhkan. Selain itu, standar ini diharapkan akan mempermudah produsen dalam implementasi graphics card eksternal ke produk kreasi mereka.

Adalah Robert Hallock, Technical Marketing dari AMD, yang menampilkan post berisi niat AMD tersebut di halaman Facebook pribadinya. Hallock menyebutkan bahwa standar ini akan mencakup kabel dan konektor, driver, dukungan sistem operasi, dan lain sebagainya. Bila hal ini berhasil diwujudkan, berbagai produsen laptop bisa dengan mudah menambahkan dukungan untuk graphics card eksternal ke produk mereka.

Sejauh ini, beberapa produsen laptop memang telah menawarkan produk yang bisa mengakomodasi graphics card eksternal, misalnya Gaming Dock dari MSI dan Graphics Amplifier dari Alienware. Sayangnya, produk-produk tersebut menggunakan mekanisme mereka masing-masing untuk menghubungkan graphics card ke laptop, sehingga tidak kompatibel satu sama lain. Hal ini membuat pengembangan mekanisme integrasi graphics card eksternal ke laptop menjadi lambat, dan juga membuat biaya pengembangan menjadi sangat tinggi.

Hallock juga menyebutkan bahwa melihat tren yang ada saat ini, bisa jadi hal seperti inilah yang dicari pengguna PC ke depannya nanti, terutama untuk mereka yang membutuhkan laptop tipis dan ringan untuk pekerjaan mereka di luar ruangan, tetapi membutuhkan kemampuan pengolahan grafis tinggi saat berada di rumah. AMD sendiri akan memberikan lebih banyak informasi terkait hal ini dalam waktu dekat ini.