AMD Incar Pasar PC Warnet di Tiongkok

Logo AMD

AMD baru saja mengumumkan telah membentuk kemiitraan dengan sejumlah pemasok hardware PC, seperti Foxconn, Asus, MSI, dan Sapphire guna memasok kartu VGA dan prosesor APU miliknya ke industri internet cafe atau biasa dikenal warnet (warung internet) di Tiongkok. Selain keempat produsen hardware PC terkemuka tersebut, AMD juga menjalin kerja sama dengan 200 industri lainnya di Tiongkok, termasuk pengusaha warnet, penyedia software, dan developer game lokal. Mitra AMD berkumpul dalam sebuah konferensi yang diadakan AMD pekan ini.

Dalam konferensi tersebut, AMD meluncurkan driver VGA baru yang dikhususkan untuk usaha warnet, yaitu Catalyst Omega Special-Edition. Driver tersebut dibuat kompatibel dengan OS Windows XP, sehingga pemilik warnet dapat melakukan efisiensi biaya dan waktu, tanpa harus terburu-buru meng-upgrade OS di pc warnet mereka. AMD juga bekerja sama dengan developer software yang memungkinkan driver tersebut dapat melakukan update secara otomatis.

“AMD dan Foxconn juga memungumumkan dukungan prosesor octa-core AMD FX8300 dan kartu grafis R9 270 dan R7 260X untuk PC warnet,” kata AMD dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari DigiTimes. Bagi AMD, Tiongkok telah menjadi salah satu negara dengan industri warnet terbesar di dunia. Saat ini, ada sekitar 12 juta PC yang digunakan untuk warnet di Tiongkok. Industri tersebut juga telah menarik 119 juta pelanggan tetap dan pendapatan mencapai 52 miliar yuan (Rp 106 triliun) pada tahun lalu.***

sumber:jagatreview.com