AMD FirePro GPUs Enable GSI Research Facility’s Heavy Ion Studies

AMD FirePro S9150 GPU powers more than 3 petaFLOPS supercomputer cluster for OpenCL™ applications at GSI 

SUNNYVALE, Calif. — Nov. 13, 2014 — Kepemimpinan AMD (NYSE: AMD) dalam high performance computing (HPC) heterogen sajikan performa GPU AMD FirePro™ S9150 hingga lebih dari 3 petaFLOPS bagi GSI Helmholtzzentrum für Schwerionenforschung GmbH dalam mendukung penelitian fisika yang berhubungan dengan studi heavy ion. Setiap node1 dari 160 perangkat ASUS ESC4000 G2S dengan rangkaian PC L-CSC terbaru memuat empat GPU AMD FirePro S9150 di dalamnya, dengan performa GPU hingga of 3.25 petaFLOPS (single precision) dan 1.62 petaFLOPS (double precision). Rangkaian PC ini memungkinkan penelitian komputasi Lattice Quantum Chromo Dynamics (Lattice QCD) untuk menggunakan salah satu aplikasi OpenCL™ tercepat di dunia. Kalkulasi Lattice QCD bisa diterapkan pada banyak studi fisika high energy dan heavy ion.

“AMD bangga bekerja sama dengan ASUS, Frankfurt Institute for Advanced Studies, (FIAS) dan GSI dalam mendukung penelitian ilmu fisika dan ilmu komputer,” kata David Cummings, senior director and general manager, professional graphics, AMD. “Instalasi ini menegaskan kembali kepemimpinan AMD dalam HPC dengan penerapan dan penggunaan GPU server AMD FirePro S9150 di dalam rangkaian komputer super dengan performa 3 petaFLOPS ini. AMD dan ASUS menerapkan aplikasi OpenCL™ untuk penelitian ilmu pengetahuanapplications for critical science research usage for this cluster. Kami berkomitmen untuk membangun kepemimpinan HPC kami di dalam industri sebagai penyedia utama aplikasi komputasi, tools, serta teknologi.”

“Kami memiliki kerja sama yang sangat baik ASUS dan AMD untuk menciptakan proyek ini dalam waktu,” kata Professor Doctor Volker Lindenstruth, professor at Goethe University of Frankfurt and chairman of Frankfurt Institute for Advanced Studies. “Server ASUS ESC4000 G2S dan GPU AMD FirePro S9150 adalah kekuatan utama untuk rangkaian PC L-CSC dan mereka memberikan kemampuan komputasi sesuai dengan apa yang kami butuhkan. Memori dengan kapasitas 16GB pada GPU AMD FirePro S9150 memungkinkan kami untuk menjalankan hampir seluruh komputasi LQCD menggunakan satu GPU tanpa membutuhkan komunikasi antar GPU dan antar node, membuat proses berjalan dengan sangat efisien. Kami telah memilih pendekatan multi-GPU dengan empat GPU dalam setiap server untuk hadirkan konfigurasi yang sangat efisien dan hemat energi.”

“ASUS sangat tertarik dengan HPC, sama seperti AMD yang berdedikasi dalam menghadirkan solusi performa GPU yang sangat baik. Bersama-sama, ASUS dan AMD telah mencapai tingkatan tahap baru dengan proyek GSI, menguak kekuatan ASUS ESC4000 G2S dan AMD FirePro S9150 yang sebenarnya,” ujar Tom Lin, ASUS General Manager. “Dengan bangga kami menawarkan solusi kepada pelanggan yang mampu sajikan performa tak tertandingi dan hemat energi. Tidak ada keraguan, dengan bergabungnya kami dalam proyek GSI sajikan performa terbaik untuk jalankan aplikasi-aplikasi penting pada HPC.”

GSI (Gesellschaft für Schwerionenforschung), berlokasi di Darmstadt, Germany, adalah sebuah fasilitas penelitian heavy ion termasuk terapi kanker. Rangkaian komputer dirancang dan dibangun bekerja sama dengan FIAS, sebuah institusi penelitian fisika, ilmu neuro, ilmu kehidupan, dan ilmu komputer. Dalam beberapa tahun ke depan, GSI akan membangun FAIR (Facility for Anti-Proton and Heavy-Ion Research), sebuah fasilitasuntuk akselerasi dan deteksi partikel. Penelitian dari seluruh dunia menggunakan fasilitas ini untuk melakukan eksperimen yang dapat membantu mereka mebuat Researchers from around the world use this facility for experiments that help them make penemuan yang menarik.

Eksperimen fisika high energy, seperti yang ada pada GSI, membutuhkan peternakan yang besar untuk melakukan simulasi. Rangkaian PC L-CSC ditargetkan untuk komputasi QCD yang membutuhkan bandwith memori ekstra tinggi. Implementasi dari algoritma Lattice QCD dikembangkan di FIAS menggunakan basis OpenCLuntuk portabilitas dan fleksibilitas.

AMD memamerkan AMD FirePro S9150 dan teknologi server AMD di ajang SC ’14 di New Orleans Ernest Memorial Convention Center booth #839  mulai 17 hingga 20 November.

Sumber Pendukung :

 

1 The first 60 nodes at GSI are already active (240 S9150 = 1.22 petaFLOPS peak GPU single precision and 610 teraFLOPS GPU double precision). By the end of the year, the remaining 100 nodes will be implemented (400 S9150 = 2.03 petaFLOPS peak GPU single precision and 1.01 petaFLOPS peak GPU double precision)