AMD Boyong Tiga GPU Anyar ke Indonesia

Setelah diluncurkan di ajang Electronic Entertainment Expo (E3) 2015, AMD akhirnya memboyong lini GPU anyarnya ke Indonesia. Mereka adalah Radeon R9 dan R7 300 serta R9 Fury X. Ketiganya diposisikan untuk kelas konsumer yang berbeda.

amd8

Yang paling tinggi tentulah Radeon R9 Fury X, dengan memori GDDR 5 4.096 bit yang dilengkapi dengan teknologi high-bandwidth memory (HBM). Hasilnya, GPU ini punya memori dengan jalur memori yang 60% lebih besar dibanding pendahulunya.

AMD mengklaim fitur yang terintegrasi di chip Fiji ini bisa memberikan kinerja per watt 3 kali lipat lebih besar dibanding GDDR5 biasa. HBM juga membuat ukuran kartu grafis bisa semakin kecil, karena lebih irit tempat. Setiap 1 GB memori HBM memakan tempat 95% lebih sedikit dibanding GDDR5 konvensional.

Hasilnya, sebuah kartu grafis kelas enthusiast bisa dibuat dengan ukuran sekitar 7,5 inch atau 19 cm saja. Secara default, AMD membekali GPU ini dengan dua buah konektor 8 pin, dan konsumsi dayanya sekitar 375 watt. Namun AMD menyarankan penggunaan power supply dengan daya setidaknya 700 watt untuk GPU ini.

Radeon R9 dan R7 300

Berbeda dengan Fury, dua GPU ini punya kelas yang berbeda. R9 300 sejak awal diplot oleh AMD untuk memainkan game dengan resolusi 4K. Selain itu GPU ini juga didesain untuk penggunaan perangkat virtual reality (VR), dengan teknologi AMD LiquidVR. Serta dilengkapi dengan AMD FreeSync agar bisa disinkronisasi dengan monitor dengan teknologi sejenis.

“Untuk GPU AMD Radeon 390 adalah penawaran yang bagus karena mempunyai memori GDDR5 sebesar 8GB‎. Sudah bisa digunakan untuk API terbaru dan dilengkapi dengan teknologi VSR,” ujar Richard Huddy, AMD Chief Gaming Scientist, saat meluncurkan kartu grafis ini di Jakarta, Senin (29/6/2015).

Sementara R7 300 diklaim mampu menjalankan game online — biasanya tergolong game ringan — dengan frame rate lebih dari 60 fps di resolusi 1440p. Selain itu, kartu grafis dengan chip R7 300 ini juga akan bisa menjalankan game dengan format multi monitor, alias AMD Eyefinity.

Semua kartu grafis teranyar tersebut dilengkapi dengan fitur-fitur anyar seperti DirectX 12, OpenGl 4.5, dan Vulkan. Dan sudah tersedia di pasaran mulai pertengahan Juni 2015 dengan harga mulai USD 109 hingga USD 649.***