6 Ponsel Ngetop Era 90an

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Sejarah telepon seluler (ponsel) sudah cukup lama ada di Indonesia, walaupun sebetulnya dibanding beberapa negara lain di kawasan Asia, Indonesia agak tertinggal. Namun, modal jumlah penduduk yang besar, membuat negara ini menjadi sasaran empuk para produsen dan vendor ponsel. Bahkan akhirnya, ponsel-ponsel premium laku dijual di Indonesia.

Sedikit sentimental, yuk kita ingat-ingat beberapa ponsel fenomenal yang begitu popular dan menjadi idaman para pengguna ponsel pada dekade 1990an. Barangkali masih ada yang ingat dan terkenang-kenang dengan ponsel berikut ini:

1. Ericsson GF-388. Saat era GSM (global system for mobile) mulai merambah Indonesia di tahun 1995, ponsel model clamshell dengan flip berberat 170 gram ini sangat populer. Mode bagi pria saat itu adalah menaruh ponsel ini di saku belakang dengan antena yang menyembul. Berdimensi 130x49x23 mm, ponsel ini cukup kekar dan terlihat simpel.

 

2. Siemens C45. Ponsel mungil ini juga cukup populer pada masanya. Mengusung nama besar Siemens, pada era 1990an, ponsel asal Jerman ini terkenal tangguh dan bandel. Berdimensi 109x46x23 mm dengan berat 107 gram dengan layar monochrome graphic,ponsel ini adalah pilihan di luar Ericsson dan Motorola yang sangat menguasai pasar ponsel di era itu

 

3. Motorola StarTac. Ponsel berberat 88 gram dengan dimensi 94x55x19 mm ini berbentuk clamshell yang memungkinkan tombol angka pada ponsel terlindung olehcover yang sekaligus berfungsi mematikan pembicaraan. Waktu itu, hampir kalangan eksekutif memilih ponsel ini sebagai alat komunikasi seluler karena ponsel ini mendukung teknologi AMPS (analog) dan GSM (digital). StarTac semakin populer oleh penampilan aktris Heather Locklear dalam serial drama Melrose Place .

 

4. Nokia 5110. Inilah ponsel yang membuat brand Nokia semakin dikenal dan kelak menjadi pemain ponsel nomor 1 di dunia. Sering disebut ponsel “sejuta umat” sakingbanyaknya pemilik ponsel yang rilis tahun 1998 ini. 5110 sangat populer di kalangan menengah dan anak muda. Dengan konsep casing copot-pasang pertama kalinya, Nokia 5110 ini juga yang menumbuhkan industri pembuat casing. Dengan dimensi 48 x 132 x 31 mm dan mendapatkan satu casing berwarna dari Nokia, konsumen biasanya akan membeli casing aneka warna yang bisa dibeli di toko aksesoris.

 

5. Ericsson T10. Berbentuk clamshell, ponsel ini juga populer di era 90an. Warna-warna cerah bodi ponsel membuat T10 ngetop di kalangan anak muda terutama remaja perempuan.. Dengan berat 135 gram dan dimensi 105x49x24 mm, ponsel ini cukup praktis untuk diselipkan pada saku celana.

 

6. Nokia 9110 Communicator. Dirilis tahun 1998, inilah ponsel versi communicator yang semakin melejitkan Nokia sebagai produsen ponsel nomor 1 di dunia. Ponsel ini masuk kategori smartphone dan ditujukan kepada kalangan pebisnis. Memiliki papan keyboard QWERTY, Communicator memang bisa digunakan untuk menyimpan data. Hal ini dikarenakan adanya prosesor AMD Elan SC450 dengan RAM 4MB. Dengan bobot 253 gram dan dimensi yang di atas rata-rata, Communicator juga menjadi tren bahwa ponsel adalah ditenteng bukan dimasukkan ke dalam saku celana.

 

Nah, apakah Anda masih menyimpan ponsel lama tersebut di atas? [wikipedia dan gsmarena.com]