AMD FidelityFX Super Resolution Hadirkan Pengalaman Kualitas dan Resolusi Tinggi untuk Para Gamer di Seluruh Dunia

Lebih dari 40 developer game menjanjikan dukungan untuk solusi peningkatan spasial mutakhir baru; gelombang pertama game yang mendukung AMD FidelityFX Super Resolution tersedia hari ini –

SANTA CLARA, California – 22 Juni 2021AMD (NASDAQ: AMD) hari ini mengumumkan solusi untuk sebuah fitur yang memberikan peningkatan dan pengalaman terbaru,, AMD FidelityFX Super Resolution (FSR)[i]. AMD FSR adalah sebuah platform open-source, teknologi cross-platform yang dirancang untuk meningkatkan framerate dan memberikan kualitas yang nyata yang memberikan pengalaman bermain game dengan resolusi tinggi. Lebih dari 40 developer game mengumumkan dukungan untuk FSR di game dan/atau mesin game mereka, dan hari ini tujuh game menambahkan dukungan untuk FSR – 22 Racing Series, Anno 1800, Evil Genius 2, Godfall, Kingshunt, Terminator: Resistance dan The Riftbreaker –diharapkan pada akhir tahun ini, termasuk DOTA 2, Far Cry 6 dan Resident Evil Village.

Menawarkan dukungan yang luas pada lebih dari 100 prosesor dan GPU AMD, FSR memberikan performa rata-rata 2,4X lebih kencang dalam mode “Performance” pada resolusi 4K di seluruh judul tertentu dibandingkan dengan resolusi standar asalnya[ii]. Peningkatan fitur teknologi yang menggunakan algoritma konstruksi canggih untuk menganalisis fitur dalam gambar dan menciptakannya kembali pada resolusi yang akan ditargetan untuk menghasilkan frame rate yang lebih tinggi, diikuti dengan ketajaman visual yang menghadirkan visual gambar dengan peningkatan detail yang lebih sempurna. Hasilnya adalah gambar dengan kualitas super tinggi dan detail pixel tajam jika dibandingkan dengan metode upscalling dasar.

“Tujuan kami dengan FidelityFX Super Resolution adalah untuk mengembangkan solusi upscaling kelas dunia yang canggih yang didasarkan pada standar industri yang dapat dengan cepat dan mudah diimplementasikan oleh para developer game, dan dirancang untuk bagaimana para gamer benar-benar bermain game,” kata Scott Herkelman, corporate vice president and general manager, Graphics Business Unit, AMD. “FSR adalah upscaler yang ideal di industri – tidak memerlukan hardware khusus apa pun dan didukung di seluruh platform dan ekosistem yang luas untuk semua gamer dapat alami dan nikmati. Kami sangat senang dengan tanggapan dan dukungan dari mitra developer kami dan kami tidak sabar menanti para gamer mendapatkan FSR untuk mereka coba sendiri.”

AMD FSR menawarkan empat pengaturan kualitas – Ultra Quality, Quality, Balanced dan Performance – memungkinkan para gamer untuk menyesuaikan keseimbangan antara kualitas gambar dan performa berdasarkan pilihan mereka, memberikan performa tinggi, pengalaman gaming yang memukau secara visual bahkan untuk fitur visual yang paling menuntut, termasuk raytracing. Dalam mode Ultra Quality, kualitas gambar FSR hampir tidak dapat dibedakan dari resolusi target native-nya.

Sebuah Solusi Upscalling dengan Open-Source

Dirancang untuk kemudahan integrasi ke dalam judul baru dan yang sudah ada, AMD FSR didukung DirectX® 11, 12 dan Vulkan® API. Mendukung berbagai jenis APU dan kartu grafis, FSR dioptimalkan untuk kartu grafis AMD Radeon™ RX 5000 dan Radeon RX 6000 Series, termasuk kartu grafis mobile, dan juga didukung pada kartu grafis AMD Radeon RX 500 Series, kartu grafis Radeon RX 480/470/460 , kartu grafis Radeon RX Vega Series, semua Prosesor AMD Ryzen dengan kartu grafis Radeon, serta berbagai produk kartu grafis kompetitor.

AMD FSR diharapkan tersedia secara luas untuk para developer game pada pertengahan Juli 2021 yang dapat diunduh secara gratis pada AMD GPUOpen, komunitas open-source yang menyediakan kode, dokumentasi, dan sumber daya untuk membantu developer mendapatkan hasil maksimal dari pemrograman di GPU.

Dukungan Studio dan Game

AMD FSR dibangun dengan kolaborasi yang erat antara studio dan developer game terkemuka. Lebih dari 40 developer game tmenjanjikan dukungan integrasi FSR ke dalam judul dan mesin game teratas mereka, dengan diharapkan lebih banyak lagi yang akan masuk pada akhir tahun dan seterusnya.

“Dengan AMD FidelityFX Super Resolution, kami dapat menawarkan peningkatan kualitas gambar kepada para gamer dengan biaya performa lebih rendah dari rendering resolusi tinggi,” kata Dan Ginsburg, graphics developer Valve. “Ini sangat menarik bagi pengguna dengan GPU kelas menengah yang ingin menargetkan resolusi yang lebih tinggi. Kami sangat senang bahwa ini dirancang untuk digunakan dengan semua GPU dan dengan pendekatan open-source AMD dengan FSR.”

 “Mengimplementasikan AMD Fidelity FX Super Resolution ke dalam The Riftbreaker adalah salah satu integrasi teknologi paling luar biasa yang pernah kami lakukan,” kata Pawel Lekki, COO Exor Studios. “Berkat filosofi ‘no black box’ dari AMD, kami dapat dengan mudah mengimplementasikannya di PC dan konsol dan menyesuaikannya untuk spesifikasi mesin game kami.”

  Informasi lebih lanjut tentang AMD FSR, termasuk daftar lengkap developer dan judul pendukung, dapat ditemukan di sini.

Sumber-Sumber Pendukung

  • Pelajari lebih lanjut mengenai AMD FidelityFX Super Resolution di sini

Tentang AMD

Selama lebih dari 50 tahun, AMD telah mendorong inovasi dalam teknologi komputasi, grafis, dan visualisasi berperforma tinggi – blok bangunan untuk game, platform imersif, dan pusat data. Ratusan juta konsumen, bisnis Fortune 500 terkemuka dan fasilitasi penelitian ilmiah mutakhir di seluruh dunia mengandalkan teknologi AMD setiap hari untuk meningkatkan cara mereka hidup, bekerja, dan bermain. Karyawan AMD di seluruh dunia berfolus pada pembuatan produk hebat yang mendorong batasan dari apa yang mungkin. Untuk inormasi lebih lanjut tentang bagaimana AMD mengaktifkan hari ini dan menginspirasi hari esok, kunjungi AMD (NASDAQ: AMD) websiteblogFacebook and Twitter.


[i] AMD FidelityFX Super Resolution is available on select games and requires developer integration. See https://www.amd.com/en/technologies/radeon-software-fidelityfx-super-resolution for a list of supported games. AMD FidelityFX Super Resolution is “game dependent” and is supported on the following AMD products: AMD Radeon™ RX 6000, RX 5000, RX 500, RX Vega series graphics cards, RX 480, RX 470, RX 460 & all AMD Ryzen™ Processors with Radeon™ Graphics, as long as the minimum requirements of the game are met. AMD does not provide technical or warranty support for AMD FidelityFX Super Resolution enablement on other vendor’s graphics cards. GD-187

[ii] Testing by AMD Performance Labs as of June 11, 2021, on the AMD Radeon™ 6900 XT, AMD Radeon™ 6800 XT, and AMD Radeon™ 6700 XT graphics cards with pre-release AMD Radeon™ Software 21.6.1 RC Prime 9 (21.20-210518a-367616E) driver with AMD Smart Access Memory enabled, on a test system comprising of an AMD Ryzen™ 9 5900X, 16GB DDR4-3200 RAM, ASRock X570 Taichi motherboard with BIOS version P3.61 at default settings, and Windows® 10 Pro May 2020 Update (19041.508). Benchmark tests: Anno 1800, DX12, 3840 x 2160, Ultra High preset, no raytracing. Evil Genius 2, Vulkan, 3840 x 2160, Ultra preset, no raytracing. Godfall, DX12, 3840 x 2160, Epic preset, Raytracing ON. Kingshunt, DX12, 3840 x 2160, Ultra preset, no raytracing. The Riftbreaker, DX12, 3840 x 2160, Ultra preset, Raytracing ON. Terminator: Resistance, DX11, 3840 x 2160, Epic preset, no raytracing. Game 7, DX12, 3840 x 2160, High preset, no raytracing. Performance may vary and is dependent on the FSR Quality Mode selected. FSR requires developer integration and is available in select games only. RS-365.

©2021 Advanced Micro Devices, Inc.  All rights reserved. AMD, the AMD Arrow logo, Radeon, Ryzen, FreeSync and combinations thereof are trademarks of Advanced Micro Devices, Inc. Other product names used in this publication are for identification purposes only and may be trademarks of their respective companies.