SAP Memperlengkapi Usaha Kecil & Menengah (UKM) dengan Analisa Real Time yang Didukung SAP HANA™

Jakarta – 9 Februari 2012SAP AG (NYSE: SAP) pada tanggal 8 Februari kemarin mengumumkan dua penawaran baru dimana manfaat dari platform SAP HANA™ akan dapat dirasakan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dengan analisa yang didukung oleh SAP HANA untuk aplikasi SAP® Business One dan SAP HANA edisi Edge, UKM akan dapat meningkat dengan kuat di teknologi in-memory dari SAP. Dengan membantu organisasi bertindak berdasarkan informasi yang sedang terjadi, SAP HANA merevolusi cara pengambilan keputusan, secara dramatis meningkatkan kecepatan dari proses yang telah ada sebelumnya, dan mampu mengakses data dalam jumlah besar dalam periode yang lebih singkat.

Pada iklim persaingan bisnis yang semakin kompetitif seperti sekarang ini, akses cepat dan analisa ke semua data operasional sangat menentukan kesuksesan sebuah organisasi. Perusahaan membutuhkan wawasan terhadap operasi bisnis yang sedang terjadi agar mampu bereaksi dengan cepat terhadap perubahan kondisi pasar. Penawaran baru dari SAP ini bertujuan untuk memberikan UKM akses real-time ke informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. SAP HANA adalah piranti lunak manajemen data in-memory yang terdapat dalam perangkat keras mitra SAP.

Analisa yang didukung oleh SAP HANA untuk SAP Business One dimaksudkan untuk memberikan kombinasi baru yang hemat biaya dari versi produk spesial SAP HANA yang didesain untuk kebutuhan pemikiran usaha kecil. Ditargetkan pada perusahaan yang menggunakan SAP Business One, solusi khusus bagi mitra yang bertujuan  untuk menawarkan aplikasi berbasis SAP HANA berskala kecil, yang mudah digunakan, dan sudah termasuk didalamnya, piranti lunak terbaik di kelas laporan operasional yakni, SAP Crystal Reports®. Rencananya proses pengembangan produk akan dimulai pada akhir Februari, dan akan tersedia secara umum di akhir tahun 2012.

“Analisa yang didukung SAP HANA untuk SAP Business One menawarkan fleksibilitas bagi pelanggan untuk membuat laporan interaktif dan menjalankan analisa ad-hoc yang lebih cepat dari sebelumnya,” ujar Ketan Solanki, Consulting Manager, Evolution Future Solutions Pty Ltd, mitra SAP yang mendistribusikan SAP Business One berbasis di Australia.

“Keuntungan lainnya adalah akses ke informasi yang relevan dalam hitungan detik dengan pencarian yang dapat disesuaikan, dengan kemampuan untuk menavigasi melalui berbagai obyek bisnis dari SAP Business One tanpa harus berpindah dari layar ke layar karena semuanya ada dalam satu tampilan layar monitor. Kami berharap para pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan produktivitas di perusahaan mereka.”

SAP HANA edisi Edge adalah penawaran tidak langsung yang dikompilasi khusus untuk dijual kembali di pasar menengah. Piranti lunak ini ditargetkan bagi pelanggan SAP di pasar menengah – biasanya mereka yang menjalankan solusi SAP Business® All-in-One. Nilai tambah yang ditawarkan adalah jika versi SAP HANA untuk perusahaan menengah dipaketkan dengan piranti lunak SAP® BusinessObjects™ Edge Business Intelligence (BI),

Kombinasi tersebut memberikan wawasan secara real time untuk organisasi kelas menengah. SAP HANA edisi Edge telah tersedia secara global melalui mitra SAP yang aktif & resmi.
“Perusahaan kecil juga memiliki masalah pada jumlah Data Besar,” kata Donald Feinberg, Vice President and Distinguished Analyst, Gartner. “Data Besar tidak hanya mengenai volume data yang besar saja, namun juga meliputi variasi dan kompleksitas data. Melihat dari kontennya, seperti audio, video, teks, dan dokumen, Usaha Kecil juga memiliki Data Besar sebanyak perusahaan besar. Untuk itu, solusi bagi usaha kecil harus dapat mengatasi masalah Data Besar. ”

Untuk implementasi SAP HANA yang cepat dan terprediksi, pelanggan dan mitra dapat menggunakan solusi SAP ® Rapid Deployment, termasuk SAP ERP® Rapid Deployment solusi untuk pelaporan operasional dengan SAP HANA. Solusi SAP Rapid Deployment didistribusikan oleh mitra SAP dan sudah termasuk piranti lunak yang telah dikonfigurasi, jasa implementasi dan pemberdayaan pengguna yang memungkinkan mereka untuk menilai dalam waktu yang cepat dengan solusi terintegrasi yang mudah dijalankan. Penawaran lainnya adalah piranti lunak SAP® CO-PA Accelerator, yang memungkinkan pengolahan alokasi kompleks yang lebih cepat secara signifikan dan permintaan keuntungan ad-hoc mendasar dengan segera. SAP® CO-PA Accelerator termasuk ke dalam skenario penggunaan jenis akselerator  dimana SAP HANA menjadi database sekunder untuk produk SAP seperti aplikasi SAP ERP®.

“Usaha Kecil memiliki kebutuhan ganda yaitu platform piranti lunak real-time untuk bisnis mereka, namun sederhana  dalam lanskap TI mereka,” kata Dr Vishal Sikka, member of the SAP Executive Board, Technology & Innovation Platform, SAP AG. “SAP HANA memungkinkan hampir 80% pelanggan kami, yang adalah usaha kecil dan menengah, untuk bersama-sama membawa analisis data, baik yang terstruktur maupun yang  tidak terstruktur dari sumber manapun, serta aplikasi dan analisis transaksional, ke dalam infrastruktur tunggal yang sangat terukur dan elastis untuk komputasi real-time yang nyata. Bersama dengan mitra ekosistem, kami sangat bersemangat untuk SAP HANA karena dapat memberikan peningkatan kinerja bisnis yang belum pernah terjadi sebelumnya tanpa kompromi.”

“HANA merupakan strategi kunci SAP dan inovasi baru yang dapat merubah arah industri. Ketersediaan inovasi tersebut untuk UKM merupakan perkembangan penting untuk SAP dan kami berharap dapat memperluas respon yang baik mengenai HANA dari para pelanggan besar SAP ke pelanggan UKM di Indonesia, sehingga dapat membantu mereka meningkatkan kecepatan proses bisnis secara drastis,” ujar Singgih Wandojo, MD, SAP Indonesia

Sugiharto Jakinsjah, Head of SME, SAP Indonesia menambahkan, “UKM merupakan segmen penting bagi SAP Indonesia dan merupakan pendorong pertumbuhan negara. Kami sangat antusias melihat respon pasar pada HANA untuk UKM.”