Spesifikasi Processor AMD Zen Arsitektur “Summit Ridge” Bocor di Internet 8 Core 14nm dengan DDR4

Post on 27 January 2015 by :

AMD sebagai produsen fabless semiconductor terkemuka, di beritakan tengah membuat processor dengan arsitektur AMD Zen. Belum sempat dirilis, ternyata Spesifikasi Processor AMD Zen Arsitektur “Summit Ridge” Bocor di Internet 8 Core 14nm dengan DDR4.

Processor 2 jutaan kebawah AMD FX 8320

AMD sebagaimana kita ketahui, mengandalkan 2 buah prodak utama dalam hal processor sekarang ini. yaitu AMD APU dan AMD FX. AMD APU, di peruntukan untuk kalangan consumer luas dengan menggabungkan 2 buah teknologi CPU dan GPU dalam 1 buah processor. Sedangkan AMD FX, lebih kepada segment antusias. Mengutamakan kinerja yang mumpuni dengan memakai banyak Core.

AMD APU, mendapatkan banyak review positive karena di update secara berkelanjutan dalam hal arsitektur. kontrast dengan saudaranya AMD FX yang sudah hampir berumur 3 tahun belum kunjung di update. AMD sudah kita ketahui bersama menyiapkan arsitektur baru bernama AMD Zen untuk menggantikan arsitektur Bulldozer yang ada di AMD FX yang direncanakan dirilis paling cepat di tahun 2016.

Bulldozer, secara sederhana berbasiskan teknologi CMT. Teknologi ini, di perutukan utama untuk APU yaitu menggabungkan 2 buah Core menjadi satu buah module dengan 2 thread. Al hasil memiliki ukuran “Core” lebih kecil. Ini cukup penting untuk pengembangan APU yang butuh ruang banyak untuk GPU. Info lengkap bisa anda lihat DISINI. Namun, CMT memiliki kelemahan dalam performa single thread serta kurang di efisiensi daya. AMD persiapkan Zen untuk itu. Zen sendiri tidak memakai CMT melainkan memakai SMT. SMT memakai “Core” lebih besar memungkinkan penggunaan 2/lebih thread dalam 1 Core. terdapat improve untuk kinerja.

AMD Zen

 

Perbandingan SMT vs CMP (Processor Multi core biasa seperti Phenom)

Nah rumor tentang Zen bertambah lagi. kali ini tidak tanggung-tanggung. Spesifikasi Zen bocor di dunia maya. Dirumorkan Processor ini memiliki code name “Summit Ridge” untuk versi destkop. dari segi kinerja, Processor ini dirumorkan memakai 8 buah Core Zen Arsitektur dengan DDR4 Memory controller + PCIe 3.0 Controller untuk socket yang dipakai, dirumorkan memakai Socket FM3. Processor ini, minus IGP serta memiliki TDP 95w. Untuk penjualan, dirumorkan akan tetap memakai brand FX series.

GlobalFoundries

AMD belum berbicara banyak akan hal ini. namun, diberitakan sebelumnya Samsung berkerjasama dengan Global Foundries menjadi supplier 14nm FinFET Wafer untuk processor ini. finFET adalah nama lain dari 3D transistor. 3D transistor memungkinkan kinerja processor lebih baik, namun lebih hemat daya. Intel sudah memakainya semenjak ivy bridge.  ***

sumber: sutamatamasu.com

Flickr

Testimonials