Solusi Mengurangi Banjir dengan Sumur Resapan Moderen

Jakarta, 5 Maret 2014– Hujan deras yang mengguyur kota Jakarta dan kota-kota lainnya menimbulkan permasalahan banjir dimana-mana. Salah satu penyebabnya adalah kualitas sistem drainase yang tidak berfungsi dengan baik dan tidak dapat mengimbangi cepatnya pembangunan di Jakarta.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki infrastruktur sistem drainase dengan mengaplikasikan sistem sumur resapan modern. Hari ini PT Trisigma Inti Solusi (TIS) dan Elmich Pte Ltd sebagai perusahaan penyedia Landscape Engineering dan Architectural Products memberikan solusi untuk mendukung Urban Development dalam hal design pertamanan, arsitektur, konstruksi dan pengelolaan air, dengan memperkenalkan SigmaTank, sebuah produk unggulan untuk sumur resapan modern.

SigmaTank mengusung konsep “Go Green” dengan menggunakan bahan material “Recycled PP” dan sistem pemasangan yang sederhana, efisen, tahan lama serta hemat. SigmaTank diaplikasikan untuk mengalirkan air hujan kedalam tanah (sebagai resapan) maupun sebagai penyimpanan air hujan (menabung air). Adanya sumur resapan akan memberikan dampak berkurangnya limpasan permukaan, karena air hujan dapat dialirkan langsung masuk kedalam sumur resapan.

“Kami tidak hanya mendistribusikan produk-produk drainase resapan tapi juga memberikan usulan dan solusi dalam design serta pemasangan sistem sumur resapan modern sesuai dengan kebutuhan end-user,” kata Herman Mestaka, Direktur PT Trisigma Inti Solusi (TIS). “Sehingga end-user dapat dengan mudah mengaplikasikan sistem drainase resapan modern tersebut sesuai dengan kondisi dan situasi lokasi yang akan menggunakan SigmaTank,” tambahnya.

Sigma Tank memberikan solusi bagi arsitek dan engineer karena sistem pemasangannya yang mudah. Cukup diletakkan dibawah permukaan area terbuka seperti halaman parkir, lalu lintas kendaraan, saluran drainase tanah rendah, taman bermain, lapangan olahraga, taman-taman umum, perumahan dan sarana umum lainnya yang memerlukan resapan.

Keunggulan dan manfaat Sigma Tank adalah memiliki kekuatan tinggi (dapat dilalui kendaraan diatasnya), lebih hemat (dibandingkan pembuatan ground tank dengan menggunakan beton), biaya transportasi lebih ekonomis dan penyimpanannya lebih mudah (dapat dirakit di lapangan), kapasitas volume sesuai kebutuhan (dari skala kecil sampai besar), mengurangi berkembang-biaknya nyamuk demam berdarah jika digunakan sebagai drainase tanah rendah (grassed swales) dan lebih indah karena tidak ada saluran/lubang terbuka.

Sebagai distributor resmi dari Elmich Pte Ltd, PT Trisigma Inti Solusi (TIS) telah memiliki pengetahuan dan keahlian yang handal untuk memberikan pelayanan prima kepada para pelanggannya. TIS menjamin kualitas produk-produk Elmich dengan memberikan garansi selama produk-produk tersebut digunakan sesuai petunjuk dan aplikasinya. Informasi lebih lanjut mengenai SigmaTank dan produk lainnya dapat dilihat pada website TIS : www.trisigma.co.id.