Serbuan Smartphone dari Negeri Tirai Bambu

Post on 19 October 2015 by : unitedcomm

Menyebut smartphone Android, selain menyebut Samsung sebagai raja Android, maka yang terlintas di benak adalah “agresi” produk dari Negeri Tirai Bambu alias Tiongkok. Negara ini memang telah membuktikan bahwa mereka tak hanya besar dalam hal jumlah penduduk, tetapi juga memiliki tekad untuk mengembangkan dan membesarkan berbagai hal. Mulai dari produk rumah tangga yang menggeser okupansi produk Jepang dan Korea, termasuk saat ini tak mau ketinggalan dalam berebut pasar smartphone.

14434316305022

Android sebagai sebuah sistem operasi open source telah membuka siapapun bisa membuat smartphone dan gadget lainnya. Dan saat ini saja, banyak produk smartphone dari Tiongkok yang sudah mendunia. Mereka adalah :

1. Alcatel/TCL. Alcatel adalah perusahaan asal Prancis. Untuk divisi mobile phone nya diakusisi oleh TCL, salah satu pemain besar elektronika dari Tiongkok. Dengan produk andalan OneTouch, Alcatel menjadi pembuat ponsel terbesar nomor enam di dunia menurut survey Gartner. Saat ini, fokus bisnis utama Alcatel Mobile Phone adalah menembus pasar Amerika Serikat dan Kanada.

2. Coolpad. Perusahaan Tiongkok ini sudah bergiat di bisnis smartphone pada tahun 1993. Di Indonesia, Coolpad melakukan sistem bundling dengan Smartfren.

3. Gionee. Gionee adalah smartphone Android dengan bentuk tipis. Di tahun 2014 lalu, produk ponselnya, Elife S5.5 dan Elife S5.1, sempat memecahkan rekor ponsel tertipis di dunia (yang kemudian rekor tersebut direbut oleh Oppo dan Vivo). Dalam setahun, Gionee menjual 25 juta unit ponsel.

4. Huawei. Nama ini sudah cukup populer di Indonesia. Tak hanya produk smartphone tetapi juga jaringan telekomunikasi..

5. Lenovo. Kondang sebagai pembuat PC dan laptop, Lenovo juga merilis smartphone. Raksasa elektronika Tiongkok ini bahkan membeli Motorola dari tangan Google. Tahun 2014, Lenovo adalah salah satu lima besar vendior smartphone paling laris di dunia selain Samsung, Apple, LG, dan Xiaomi.

6. OnePlus. Produk smartphone ini menawarkan sistem operasi CyanogenMod yang menawarkan kebebasan tak terbatas bagi pengguna dengan hardware unggulan yang tertanam pada produknya dan harga yang cukup terjangkau, OnePlus merupakan ancaman serius bagi vendor smartphone lain di dunia.

7. Oppo. Sepintas nama ini mengesankan produk asal Norwegia atau Finlandia. Tetapi Oppo adalah buatan Tiongkok. Smartphone Android buatan Oppo sudah sangat populer di Indonesia.

8. Tecno. Nama ini mungkin belum sekondang nama smartphone Android lainnya. Tetapi, Tecno kabarnya bersiap meramaikan pasar smartphone Android di Indonesia.

9. Xiaomi. Ini mereka smarphone yang begitu populer saat ini. Produk mereka berkualitas baik namun dengan harga yang sangat affordable. Tahun 2014, Xiaomi mampu menggeser Lenovo dan LG sehingga masuk tiga besar vendor smartphone terbesar di dunia bersama Apple dan Samsung.

10. ZTE. Di Indonesia, ZTE dikenal sebagai perusahaan di bidang jaringan telekomunikasi. Namun, ZTE juga sudah memroduksi smartphone Android.

11. Infinix. Perusahaan yang berbasis di Hong Kong Tiongkok ini dengan agresif telah masuk ke pasar smartphone Android Indonesia, melalui toko online. Tak tanggung-tanggung, kabarnya, untuk seri Hot 2 X510 terbaru, pre-order untuk 3.000 unit smartphone tersebut langsung habis dalam waktu satu jam!

12. Meizu. Mengandalkan smartphone Android yang sudah mendukung teknologi 4G LTE, Meizu juga ikut membuat “bingung” para calon pengguna smartphone Android dalam menentukan pilihan. Banderol harga untuk sebuah smartphone 4G LTE adalah Rp 1 jutaan saja.

13.Andromax. Smartphone ini telah bergiat dengan bundling bersama operator yang menawarkan teknologi 4G LTE.

Nah, bagaimana? Anda mau pilih smartphone Android buatan negeri sendiri, atau negeri tirai bambu? Semuanya di kisaran harga yang nyaris sama dengan teknologi yang juga nyaris sama.

Sumber : satuharapan.com/life

Flickr

Testimonials