SAP Menjadi Business Enabler Bagi Transformasi Perusahaan Yang Berkelanjutan Di PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

Post on 22 October 2012 by :

Jakarta, 22 October 2012 – SAP Indonesia menginformasikan bahwa solusi SAP Business All in one telah diimplementasikan di salah satu perusahaan BUMN, yakni PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero). SAP Business All in one merupakan aplikasi tunggal yang mengintegrasikan fungsi inti bisnis di seluruh perusahaan.

INTI banyak berkontribusi dalam pengembangan sarana telekomunikasi di Indonesia melalui proyek-proyek pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Pada tahun 1980 – 1990, INTI memberikan dukungan penuh terhadap program digitalisasi sistem telekomunikasi yang dilakukan oleh Telkom. Pada era ini INTI merupakan pemegang pangsa pasar terbesar manufaktur perangkat telekomunikasi di Indonesia. Sejak akhir era 1990-an, dimana telekomunikasi seluler tumbuh dan berkembang di Indonesia, INTI juga banyak melaksanakan proyek-proyek pembangunan infrastruktur telekomunikasi bergerak bekerja sama dengan sejumlah operator seluler. Bahkan saat ini INTI tengah menjalin kerja sama dengan Telkom untuk menggelar jaringan fiber optic sampai ke rumah pelanggan. Teknologi ini memungkinkan pelanggan Telkom menikmati layanan suara, internet berkecepatan tinggi dan bahkan video dengan biaya yang terjangkau.

Ketika dinamika teknologi telekomunikasi sampai kepada konvergensi dengan teknologi informasi, INTI pun memantapkan diri untuk mengembangkan usahanya ke bisnis yang berbasis produk, salah satunya untuk tahun ini INTI berencana untuk memproduksi perangkat consumer seperti smartphone. Hal ini merupakan perubahan mendasar terhadap bisnis perusahaan.

Mengantisipasi hal ini, INTI memandang perlu adanya perubahan yang menyeluruh. Serangkaian program change management disusun untuk mewujudkan perubahan yang diperlukan. Mulai dari perubahan perilaku dan budaya perusahaan, sampai kepada perubahan proses bisnis. Proyek B-EFFECT pun diluncurkan khusus untuk mewujudkan transformasi proses bisnis perusahaan. Secara ringkas, proyek ini adalah sebuah business process reengineering yang dilandaskan pada pembangunan infrastruktur aplikasi Enterprise resource Planning sebagai penunjang proses bisnis perusahaan. Pemilihan nama proyek yang merupakan akronim dari ‘Business Enabler For Future Enterprise Continuous Transformation‘ juga dimaksudkan untuk memberikan inspirasi bahwa proyek ini akan memberikan butterfly effect ke arah transformasi perusahaan yang lebih menyeluruh.

Salah satu langkah penting dalam pelaksanaan proyek ini adalah penentuan aplikasi Enterprise resource Planning atau ERP yang akan digunakan. Ada beberapa parameter yang digunakan dalam memilih solusi ERP yang tepat, diantaranya seberapa kuat aplikasi ERP yang dipilih dapat membantu proses transformasi yang sedang dilakukan, serta pertimbangan mengenai besarnya biaya yang harus diinvestasikan. Melalui sejumlah diskusi dan analisis, pada akhirnya pilihan aplikasi ERP jatuh kepada SAP Business All in one.

“SAP Business All in one merupakan solusi tepat bagi proses transformasi INTI karena memiliki visi kuat terhadap integrasi seluruh proses bisnis dengan biaya investasi yang terjangkau,” ujar Teguh Adi Suryandono, Kepala Divisi Teknologi Informasi, PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI). “Melalui implementasi ini, INTI berharap investasi yang dikeluarkan dapat memberikan return yang maksimal,” tambahnya.

SAP Business All in one telah mengintegrasikan seluruh fungsi bisnis inti seluruh perusahaan – termasuk keuangan, pembukuan, perencanaan proyek, pembelian, administrasi penjualan, dan persediaan / pergudangan; menghilangkan kebutuhan untuk instalasi terpisah dan integrasi kompleks dari beberapa modul, serta integrasi manual.

Dalam proyek ini, INTI menunjuk Telkom sebagai partner implementornya. Telkom dipilih karena adanya intensi untuk mewujudkan amanat sinergi di antara sesama BUMN dan Telkom merupakan BUMN yang memiliki solusi konsultansi implementasi SAP dalam portofolio produknya. Selain itu, Telkom sendiri telah mengimplementasikan SAP di internal perusahaan selama lebih dari sepuluh tahun. Pengalaman Telkom akan menjadi pelajaran berharga untuk menjamin kesuksesan implementasi SAP Business All in one di INTI. Telkom memiliki anak Perusahaan yang khusus bergerak di bidang ini, yaitu Sigma Metrasys Solutions.

Proyek implementasi SAP Business All in one di INTI berlangsung selama 9 (Sembilan) bulan dimulai sejak 25 (dua puluh lima) maret 2011  hingga Go-Live di 1 (satu) januari 2012, dimana best practice kesuksesan implementasi SAP di perusahaan-perusahaan lain merupakan kunci sukses dalam memecah kebuntuan dan memutuskan solusi-solusi yang bermanfaat dalam implementasi solusi SAP di INTI. Tidak dapat dipungkiri bahwa penentuan solusi terbaik juga didukung oleh referensi hasil benchmarking pada implementasi SAP di Telkom sendiri. Kerjasama tim yang kuat antara konsultan dan tim internal INTI yang membuat implementasi ini dapat dilaksanakan. Tepat pada Januari 2012, sesuai dengan rencana, SAP telah go-live di INTI. Kesuksesan ini tidak dapat dilepaskan dari peran tim senior management perusahaan yang berkomitmen kuat untuk mengimplementasikan SAP dan melakukan perubahan.

Setelah mengimplementasikan SAP Business All in one, diharapkan produktivitas proses bisnis INTI akan meningkat. Pengendalian proyek menjadi lebih mudah dan semakin banyak proyek yang terselesaikan dengan tepat waktu. Kapasitas perusahaan menjadi lebih tinggi. Efisiensi biaya pun bisa diperoleh dan berujung pada meningkatnya keuntungan INTI, dan yang tidak kalah pentingnya adalah transformasi bisnis INTI menuju lini bisnis berbasis produk dapat terwujud sesuai rencana.

Flickr

Testimonials